Flash InfoLifestyle

7 Bahan Makanan untuk Atasi Kembung dan Gas Berlebih

0
perut kembung
perut kembung (klikdokter)

Makanan tinggi serat sangat baik bagi tubuh. Namun, di balik manfaat itu, ternyata bahan makanan berserat dapat menimbulkan gas dan kembung.

Dihimpun Solopos.com dari Boldsky pada Sabtu (12/3/2016), berikut ini adalah tujuh bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi kembung dan gas berlebih pada tubuh.

Jahe
Jahe sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Seduh teh dengan campuran sedikit jahe. Campuran ini bermanfaat untuk mengobati mual, kembung serta keluhan sakit perut lainnya.

Air Tajin
Kandungan laktosa yang terdapat pada susu berpengaruh dalam meningkatkan gas dalam tubuh. Untuk itu, Anda dapat menggantikan susu dengan air tajin demi menghindari kembung

Kayu Manis
Kayu manis bermafaat untuk mencegah gas berlebih pada tubuh. Selain itu, bahan ini juga berperan dalam metabolisme lemak dalam sistem pencernaan. Taburkan beberapa butir parutan kayu manis dalam kopi yang Anda konsumsi secara rutin untuk menghindari kelebihan gas dalam tubuh.

Nanas
Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain. Enzim ini berperan dalam mencerna protein dan menyerap nutrisi pada makanan. Karena itulah, nanas berperan dalam mengurangi gas pada tubuh.

Air Putih
Air berfungsi membersihkan saluran pencernaan dengan menghilangkan racun pada tubuh. Untuk itu, minum banyak air bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari racun termasuk gas yang berlebih.

Kacang
Kacang-kacangan mengandung senyawa niacin yang berfungsi untuk mengaktifkan saluran pencernaan. Selain itu bahan ini juga bermanfaat mengurangi produksi gas dalam tubuh.

Lemon
Lemon merupakan asam alami. Bahan ini bermanfaat dalam menyehatkan sistem pencernaan. Untuk itu, mengonsumsi air lemon setiap pagi saat perut masih kosong merupakan hal yang baik untuk dilakukan. [Baca juga: Ini Sederet Manfaat Minum-Air LemonTiap Pagi]. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Xiaomi Redmi 3 Sensor Sidik Jari Muncul di Tenaa

Previous article

Premi BPJS Kesehatan Naik, Peserta Mulai Turun Kelas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info