Kab KulonprogoNews

Ini Rencana Pembangunan Jalur Kereta Bandara

0
peningkatan mobilitas DIY

Pada pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport(NYIA), bagian kerja Dinas Perhubungan (Dishub) DIY adalah proyek Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS) dan jalur ganda (double track) rel kereta api. Selain itu Dishub DIY juga bertugas menyiapkan jalan nasional untuk menyokong operasional bandara.

Secara detil, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Haryanta mengatakan untuk double track KA, proyek itu akan dimulai dari stasiun Kedundang hingga  bandara. Saat ini mereka masih dalam tahap penyusunan Basic Engineering Design (BED) dan Detail Engineering Design (DED). Dua rancangan dasar itu sedang diproses oleh PT KAI. Setelah BED dan DED selesai, Pemda DIY baru akan mengeluarkan Izin Penetapan Lokasi (IPL) untuk pembebasan lahan yang dilalui proyek jalur ganda KA itu.

“Pemda DIY masih menunggu BED dan DED-nya selesai,” tutur Sigit, di Bangsal Kepatihan Selasa (17/5/2016)

Terkait penganggaran jalur ganda KA itu, Sigit mengakui belum ada kepastian siapa yang akan menggelontorkan dananya. Bisa jadi proyek itu didanai sepenuhnya oleh PT KAI, Angkasa Pura maupun dari APBN.

Namun untuk saat ini anggaran APBN menurut Sigit akan diprioritaskan untuk memasang jalur kereta listrik untuk penggantian kereta lokal Solo-Kutoarjo. Nanti seluruh kereta lokal bertenaga diesel seperti Prameks akan berganti menjadi Kereta Rel Listrik (KRL)

“Jalur Bandara-Kedundang juga rencananya akan menggunakan KRL,” imbuh dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pihaknya mendukung upaya percepatan pembangunan bandara baru di Kulonprogo. Dari gambar yang sudah dibuat, jalur Kedundang-bandara akan berjarak empat kilometer.

Dia menperkirakan anggaran untuk satu kilometer rel membutuhkan dana sebesar satu juta dolar. Untuk itu dananya bisa bersumber dari Ditjen Perkeretaapian Kemetrian Perhubungan, jika pembangunan itu masuk dalam kategori perintis.

Haryadi Jamin PKL Tidak Ganggu Pengerjaan Fisik Malioboro

Previous article

DBD Tetap Jadi Ancaman Serius Warga Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *