Kota JogjaNews

Tiket Prameks Bisa dibeli H-7

0

Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta memberlakukan pembelian tiket kereta api komuter Prambanan Ekspres bisa dilakukan H-7 keberangkatan.

“Biasanya tiket Prambanan Ekspres (Prameks)dibeli pada hari keberangkatan. Namun, mulai Senin (13/6) penumpang bisa membeli tiket Prameks tujuh hari sebelum keberangkatan,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, tidak akan ada perubahan bentuk fisik tiket Prameks yang diterima penumpang, yaitu tetap menggunakan tiket thermal seperti yang selama ini diterima penumpang.

Selain bisa dibeli lebih awal, penumpang juga bisa melakukan pengubahan jadwal keberangkatan kereta dan membatalkan perjalanan sesuai aturan yang berlaku dan selama tiket masih tersedia.

Kereta komuter Prameks yang dijalankan PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta melayani relasi Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan. Setiap hari kereta Prameks relasi Yogyakarta-Solo Balapan melayani 10 trip perjalanan setiap hari pulang pergi. Sedangkan untuk relasi Yogyakarta-Kutoarjo dilayani tiga trip pulang pergi.

Seluruh perjalanan kereta Prameks tersebut dilayani empat rangkaian kereta dengan masing-masing rangkaian memiliki kapasitas 400 hingga 800 penumpang.

Setiap hari kereta komuter Prameks mengangkut sekitar 6.000 penumpang. Namun, kapasitas yang dimiliki Prameks belum memenuhi kebutuhan yaitu sekitar 10.000 penumpang per hari.

Selain pembelian tiket yang bisa dilakukan lebih awal, upaya peningkatan layanan kepada penumpang juga dilakukan dengan pemberlakuan sistem check in mandiri (CIM) untuk penumpang kereta.

Di wilayah kerja Daerah Operasi VI Yogyakarta CIM akan diberlakukan di empat stasiun yaitu Tugu, Lempuyangan, Purwosari dan Balapan.

Ganja 1,5 Kilogram Diselundupkan di Kargo Adisutjipto

Previous article

Seluruh Jalan di DIY Dipastikan Optimal Saat Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja