Kota JogjaNews

Tingkat Hunian Kamar Hotel di DIY Rata-rata Turun hingga 20%

0
okupansi lebaran
Ilustrasi Kamar Hotel

Okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di DIY selama masa libur Lebaran 2016 rata-rata menurun 10%-20% jika dibandingkan masa libur Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

“Lebaran tahun ini jauh meleset dari perkiraan kami. Lebaran tahun ini rata-rata okupansi hanya mencapai 60-70 persen,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro seperti dikutip Antara, Rabu (13/7/2016).

Ia mengatakan kompleks perhotelan di Ring 1 atau yang berada di sepanjang Jalan Mangkubumi dan Malioboro yang biasanya memiliki okupansi terbanyak, hanya mampu mencapai okupansi 80%.

Padahal pada lebaran tahun-tahun sebelumnya mulai H-1 Lebaran okupansi hotel baik berbintang maupun hotel melati (nonbintang) telah mencapai 100%.

“Lebaran tahun lalu pada H-1 banyak hotel yang sudah menolak tamu,” kata dia.

Menurut Istijab, penurunan tingkat hunian banyak dipengaruhi kemacetan arus mudik di sepanjang Jalur Brebes Timur Exit (Brexit) yang berlangsung selama hampir 24 jam pada Lebaran. Kondisi itu, memicu banyak pembatalan pemesanan kamar hotel.

“Pemesanan (kamar hotel) memang full, tapi kemudian banyak dibatalkan,” kata dia.

Wakil Ketua PHRI DIY Herman Tony mengatakan meski okupansi mengalami penurunan, namun rata-rata hotel tetap memberlakukan tarif tambahan sewa kamar selama Lebaran mulai 10-20 persen dari tarif normal.

5 Hari, Transaksi Ditarget Rp7 Miliar

Previous article

Sleman Dikunjungi 299.568 Wisatawan, Ini Objek-objek yang Dikunjungi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja