Kota JogjaNews

Generasi Muda Sasaran E-money, Ini Caranya

0

Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memilih transaksi nontunai.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Hilman Tisnawan mengatakan Bank Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan electronic money atau e-money pada 2016. Sasarannya adalah generasi muda. Generasi muda menjadi sasaran utama karena merupakan generasi yang mudah menerima teknologi baru dan perubahan. Untuk itu, sejak Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) diluncurkan 2014 lalu, BI mengandeng UGM untuk uji coba, kemudian pada 2015 dilanjutkan dengan kerja sama dengan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.

Pada 2016 ini akan diperbanyak transaksi misanya pembayaran pajak non tunai atau pembayaran dari masyarakat ke Pemerintah dengan menggunakan e-money. Saat ini BI terus berupaya untuk mengajak masyarakat yang bertransaksi tunai beralih ke nontunai. Untuk perkembangannya hingga saat ini secara global, belum terlihat. Namun, untuk mendukung tujuan tersebut, harus ada sarana yang lengkap.

GNNT merupakan upaya yang dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, serta mendukung upaya pencegahan korupsi, pencucian uang, dan pembiayaan terorisme. Penggunaan transaksi non tunai ini juga untuk mengurangi peredaran uang tunai serta mendorong terciptanya less cash society.

GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrument nontunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrument non tunai (Less Cash Society/LCS) dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya. Dari segi efisiensi, gerakan ini mampu menekan anggaran yang dikeluarkan setiap tahunnya untuk mencetak uang.

Hadiah Tidak Terambil Harus Diserahkan ke Dinsos

Previous article

Banyak Siswa Baru Belum Memakai Seragam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja