Kota JogjaNews

Pengangguran di DIY Masih Didominasi Oleh Lulusan SMA/K

0

Jumlah pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) ke bawah, sebanyak 75 persen (%). Selain itu, jumlah pengangguran yang merupakan lulusan Strata satu masih menyentuh angka 18%. Kondisi ini disebabkan oleh lulusan yang memilih-milih dalam menerima tawaran pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Andung Prihadi menuturkan, menurut data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik Agustus 2015 silam, total pengangguran di DIY sebanyak 80.255 jiwa, dari jumlah tersebut, 54% di antaranya berasal dari lulusan SMA/K, 12% lulusan Sekolah Menengah Pertama dan ada pengangguran dari usia Sekolah Dasar sebanyak delapan persen. Atas kondisi ini, pihaknya kemudian berniat, ke depan, pengangguran di DIY harus banyak diintervensi dengan pelatihan dan keterampilan di tingkat SMA/K. Selain itu, imbuh Andung, bagi pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi sebanyak 18% tadi, diberikan solusi dengan job fair atau kerjasama dengan pemerintah daerah luar DIY dan luar negeri.

“Angka tadi, menunjukkan ketimpangan, peluang kerja masih belum imbang dengan jumlah pencari kerja,” ujar dia, di sela membuka Job Fair Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (19/7)

Andung juga melihat, saat ini ada kecenderungan lulusan mulai kerap memilih-milih dalam menerima tawaran pekerjaan. Lulusan SMA/K terlebih perguruan tinggi merasa, lebih baik menerima pekerjaan yang memberikan gaji atau upah sedikit namun memberikan kesempatan untuk tampil, daripada menerima pekerjaan yang terlihat kurang bergengsi, namun memberikan gaji yang lebih tinggi.

Angka Kunjungan ke Rumah Sakit Berkurang Dibanding Tahun Lalu

Previous article

Konsumsi Pertalite Rendah, Ini Masalahnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja