Flash InfoTechno

Buku Ini Ajak Pembaca ke Masa 80-an

0

Membaca halaman demi halaman buku Yang Nge-tren  di Tahun 80 dan 90an serasa naik mesin waktu ke era telepon umum dan tumpukan koin receh menjadi andalan untuk melepas rindu dengan pacar.

Seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Senin (19/9/2016), pendiri grup Facebook bertajuk hits The 80′s dan 90′s, Nicko Krisna, membukukan kenangan masa muda generasi itu dengan merangkum daftar tren pada masanya.

Selama sepekan, Nicko membuat daftar berisi lagu Indonesia, lagu Barat, gaya busana, acara televisi, film, buku, majalah, cara “pedekate” (pendekatan) pada “gebetan”, hingga tempat nongkrong yang populer di kota-kota besar.

Tidak seperti saat ini saat musik dari penjuru dunia bisa didengarkan hanya dengan mengakses Youtube, generasi 80-an dan 90-an harus mengubek-ubek toko kaset yang nantinya akan didengarkan di walkman mereka.

Belum ada resensi album yang berseliweran di dunia maya, sehingga kadang panduan untuk memilih kaset mana yang harus dibeli kembali pada intuisi masing-masing. “Cap cip cup” tergantung sampul kasetnya, begitu salah satu cara memilih kaset seperti dituturkan Nicko dalam buku terbaru ini.

Kenangan masa lalu kembali menyeruak saat membaca daftar bacaan yang menjadi tren beberapa dekade silam. Salah satunya adalah Hilman Hariwijaya yang menelurkan serial Lupus yang merepresentasikan kehidupan seru anak SMA di ibu kota. Betapa populernya Lupus si cowok berjambul sampai dia juga hadir dalam bentuk adaptasi layar lebar dan layar kaca.

Nicko juga menulis gaya pacaran remaja saat itu yang belum kenal teknologi untuk berinteraksi jarak jauh melalui SMS atau aplikasi Whatsapp, termasuk apa “upet”” andalan untuk meluluhkan hati para kecengan.

Dengan gaya menulis yang santai layaknya sebuah buku harian, Nicko memasukkan sedikit pengalaman pribadinya di tiap bab. Pilihannya tentu subjektif, namun Nicko berharap itu masih berada dalam koridor seleramainstream.

Di setiap akhir bab, ada lembaran kosong dengan format seperti buku tulis yang memberi kesempatan pada pembaca untuk menulis daftar tren versinya sendiri.  “Ini adalah artefak, mengabadikan sejarah 80-an dan 90-an. Walau tidak semuanya, tapi setidaknya sudah terepresentasikan,” kata Nicko dalam peluncuran buku terbarunya di Gramedia Matraman, Jakarta, pekan lalu.

Buku terbaru setebal 166 halaman ini bisa mengingatkan Anda betapa serunya masa muda (atau masa kecil) saat smartphone belum marak dan telenovela serta serial silat belum kalah pamor dari drama Korea.

Jamaah Haji Asal Yogyakarta Tiba Pekan Depan

Previous article

Ini Penjelasan Ilmuwan soal Indera Keenam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info