Flash InfoLifestyle

Ini Efek Samping Terlalu Sering Pakai Headset

0
suara headphone

Teknologi berinovasi dengan sangat cepat. Namun, kemewahan dan kenyamanan yang diberikan dari perkembangan teknologi membuat semua orang tak menyadari dan terjebak pada efek buruk bagi kesehatan.

Headset dan earphone adalah salah satu teknologi yang sering digunakan oleh para remaja saat ini, tanpa mengetahui masalah kesehatan yang akan ditimbulkan dari seringnya penggunaan.

Efek samping dari menggunakan headset dan earphone meningkat dari hari ke hari. Berikut beberapa efek buruk menggunakan headset dan earphone, seperti dikutip dari Trendsnhealth, Kamis (30/9/2016):

1. Gangguan Pendengaran

Bila Anda menggunakan headset atau earphone, audio langsung masuk ke telinga Anda. Volume melebihi 90 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara) dapat menyebabkan gangguan dan komplikasi pendengaran.

Semua orang yang memakai earphone dan headset berada pada risiko yang lebih tinggi dari gangguan pendengaran dan bahkan komplikasi. Bila ada yang mendengarkan lebih dari 100 desibel selama 15 menit, berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Jadi, bila Anda harus menggunakan headset atau earphone, pastikan untuk memberikan waktu telinga Anda istirahat dan tidak mendengarkan musik dalam volume tinggi.

2. Infeksi Telinga

Apakah earphone atau headset Anda merupakan milik sendiri? Atau Anda berbagi dengan orang lain? Yah, kita semua sesekali pernah berbagi earphone dan headset dengan teman-teman dan keluarga. Berbagi ini dapat dengan mudah menyebabkan infeksi telinga.

Bakteri dari telinga orang yang berbeda dapat dengan mudah melakukan perjalanan melaluiheadset Anda. Jadi, bila Anda berbagi earphone atau headset pastikan Anda membersihkannya atau berhenti untuk berbagi!

3. Tidak Punya Saluran Udara

Belakangan ini, perusahaan earphone dan headset memastikan Anda akan mendapatkan beberapa pengalaman audio yang sangat baik. Tetapi dengan pengalaman audio yang baik memiliki risiko kesehatan.

Untuk mendapatkan pengalaman audio terbaik, kita perlu memasukkan earphone ke lubang telinga yang mengakibatkan tidak ada saluran udara. Ya, musik terdengar hebat tapi tanpa saluran udara, Anda berada pada risiko yang lebih tinggi dari infeksi telinga.

Dalam kebanyakan kasus, orang yang menggunakan earphone biasa dan headset memiliki lebih banyak kotorang telinga yang menghasilkan tinnitus (telingan berdengung), infeksi telinga dan masalah pendengaran.

Melanie Subono Release Single Anyar

Previous article

Sultan Ikut Tax Amnesty

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info