Kota JogjaNews

E-Tilang Siap Dijalankan Polda DIY

0
Satgas Saber Pungli

Salah satu langkah mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) jajaran kepolisian daerah DIY siap melaksanakan program Elektronik Tilang (e-tilang). Polda DIY menjadi salah satu dari 16 Polda di Indonesia yang ditunjuk oleh Mabes Polri untuk mengujicobakan inovasi pelayanan dari kepolisian ini.

Dalam pelaksanaan program yang dicanangkan oleh Kapolri ini nantinya para polisi lalu lintas akan melakukan tindakan menggunakan sebuah aplikasi. Secara fungsi nantinya aplikasi tersebut akan mencatat jenis pelanggaran sampai denda yang harus dibayarkan langsung ke bank.

“Untuk pembayaran denda jadi langsung ke bank tidak bisa dengan titip ke petugas atau nantinya pelanggar menunggu persidangan di pengadilan,” kata Kapolda DIY Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat, Rabu (2/11/2016).

Dikatakannya sementara untuk pembayaran denda akan tersistem melalui rekening khusus dengan cara di transfer melalui rekening resmi milik negara. Prasta menjelaskan, adanya inovasi pelayanan tersebut juga demi mengurangi sentuhan langsung antara petugas dengan pelanggar yang dalam hal ini ditekankan untuk mengurangi adanya tindakan pungli.

“Saat ini masih dalam proses, kami berharap juga secepatnya bisa dijalankan. Selain e-tilang, ada beberapa pelayanan juga yang akan dibuat online seperti SKCK online,” ungkap Prasta.

Ia menambahkan, sistem e-tilang nantinya juga akan tersambung dan terkoneksi dengan kejaksaan dan pengadilan yang merupakan pihak berwenang untuk memberi penindakan terkait pelanggaran lalu-lintas. “Jadi akan otomatis, ketika pelanggar membayar ke bank pihak kejaksaan dan pengadilan akan mendapat laporan, jadi semuanya transparan,” katanya.

Kapolda yakin dengan program-program inovasi seperti e-tilang akan sangat mampu memberantas tindakan pungli oleh oknum-oknum anggota yang kurang bertanggungjawab. Dengan sendirinya jika sistem ini sudah berjalan dan tidak ada celah untuk melakukan pungli maka hal tersebut juga akan hilang. Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja |

 

Sekolah Jadi Tempat Paling Rawan Pungli, Ada 59 Potensi!

Previous article

Ini 10 Pemakaman Paling Terkenal di Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja