Kota JogjaNews

Hotel di Kawasan Ring Satu Diserbu Tamu

0
hotel di diy
Ilustrasi Kamar Hotel

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan rata-rata okupansi hotel kelas bintang di kawasan pusat Kota Yogyakarta atau ring satu telah mencapai 90 persen menjelang Natal.

“Dengan okupansi 90 persen, artinya rata-rata kamar biasa sudah habis. Tinggal ‘suite room’ yang tersisa,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Istijab, kamar kelas eksekutif atau suite room yang khusus tersedia pada hotel bintang empat dan lima rata-rata memiliki tarif sewa mulai Rp 4 juta per malam.

Wisatawan yang masih ingin bermalam di ring satu Yogyakarta menjelang Natal, menurut dia, akan diarahkan untuk memesan kamar hotel nonbintang. Meski juga mengalami lonjakan okupansi, hingga saat ini, menurut dia, kamar hotel nonbintang masih tersisa 49-59 persen.

“Untuk hotel nonbintang memang rata-rata harus mencari sendiri, karena tidak memiliki situs online,” kata dia.

Menurut dia, kamar hotel yang masih tersedia cukup banyak justru ada di zona ring dua dan tiga. Zona ring dua terletak setelah Tugu Yogyakarta. Sementara ring tiga tersebar di sepanjang Jalan Kaliurang hingga Bantul. “Ring dua dan tiga sebetulnya juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta,” kata dia.

Istijab memperkirakan tingkat okupansi pasca libur akhir pekan yang dilanjutkan dengan cuti bersama Natal masih akan terjaga tinggi hingga puncak Tahun Baru 2017

 

5 Pantai di Indonesia yang Harus Dikunjungi Tahun 2017

Previous article

Perayaan Natal, Ansor DIY Siap Amankan Gereja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja