Kab GunungkidulNews

Pantai Buron Gunung Kidul Makin Ramai

0

Objek wisata baru Pantai Buron berhasil menyedot ribuan pengunjung meski baru diresmikan bulan lalu. Pengelola wisata kantongi pendapatan jutaan rupiah.

Dalam sehari tersebut, pengelola pernah mengantongi pendapatan parkir hingga Rp3 juta. Ia mencatat terjadi kenaikan wisatawan hingga 30% dibandingkan saat sebelum pantai itu diresmikan. Pernah kata dia, pengelola wisata menolak kendaraan yang masuk karena parkir penuh. Puncak kunjungan terjadi pada libur tahun baru. Tiga kantong parkir yang disediakan penuh.

“Sehari mobil yang masuk bisa sampai 200, motor bisa mencapai 500, tuturnya lagi, Senin (9/1/2017).

Pada hari biasa rata-rata pengunjung yang datang tercatat sekitar 100 orang.

Pokdarwis Pantai Buron menerapkan tarif parkir dan karcis masuk bagi wisatawan. Karcis masuk per orang dibanderol Rp2.000. Sedangkan parkir ditetapkan Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk mobil. Kawasan wisata itu dikelola sekitar 92 anggota Pokdarwis.

Di Pantai Buron, wisatawan dapat menikmati deburan ombak dan batu karang dari atas ketinggian. Di tempat ini juga dibangun sejumlah rest area dan lapak kuliner. Bosan menikmati pemandangan ombak dan batu karang, wisatawan dapat bergeser ke sebelah timur pantai yang berjarak tidak sampai 50 meter menuju Pantai Gesing.

Pantai ini sejatinya lebih difungsikan sebagai pantai nelayan tempat keluar masuk dan bersandarnya kapal penangkap ikan. Namun hamparan pasir yang landai, putih dan bersih berpadu dengan tebing-tebing megah dipinggirnya membuat pantai ini kerap diburu wisatawan.

Bupati Gunungkidul Badingah sebelumnya menyatakan, pembangunan dan pengentasan kemiskinan di Gunungkidul salah satunya bertumpu pada sektor pariwisata. Keberadaan Pantai Buron diharapkan dapat mendongkrak ekonomi warga dengan keterlibatan mereka sebagai pengelola wisata. | Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja |

Tahun 2018 Setiap Desa Di DIY Akan Kebagian Danais

Previous article

Ada Wasit Asing Di ISL 2017

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *