CulinaryFlash Info

Awas! Konsumsi Jagung Berlebihan Berbahaya

0
makanan yang bebas gluten
jagung (Motherrearthnews.com)

Jagung menjadi salah satu makanan banyak dipilih sebagai pengganti nasi. Banyak orang beranggapan jagung memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah daripada nasi. Itulah sebabnya banyak pelaku diet yang mengonsumsi jagung.

Tapi, menonsumsi jagung secara berlebihan justru bisa mengganggu kesehatan. Berikut  efek negatif  yang ditimbulkan dari konsumsi jagung secara berlebih :

Kurang bergizi
Jagung memang mengandung karbohidrat, tapi kurang memiliki gizi yang lain. Jagung juga mengandung banyak zat tepung yang berisiko menyebabkan obesitas jika terlalu sering dikonsumsi. Apalagi jika Anda mengonsumsi jagung manis. Bobot tubuh tidak akan berkurang, malah justru bertambah karena kandungan gula yang tinggi pada makanan itu.

Sulit dicerna
Jagung mengandung zat selulosa yang membuatnya sulit dicerna oleh tubuh. Enzim dalam tubuh tidak mampu mencerna secara sempurna jumlah jagung yang dikonsumsi tubuh. Kondisi ini akan membuat Anda mengalami sembelit alias susah buang air besar.

Menyebabkan peradangan usus
Kandungan lektin yang tinggi dalam jagung dapat menyebabkan peradangan usus. Lektin adalah protein yang hanya terdapat pada biji kacang-kacangan. Protein ini sebenarnya memiliki fungsi memperbarui sel-sel tubuh yang akan dipecah menjadi asam amino. Sayangnya, tubuh tidak mampu memecah lektin dalam jumlah berlebih. Tumpukan lektin di tubuh justru akan membuat peradangan usus.

Mengandung banyak pestisida
Guna menghasilkan tanaman jagung dengan hasil yang baik, para petani biasanya aan menyemprotkan pestisida. Pestisida merupakan semprotan yang berfungsi mengusir hama. Sayangnya, kandungan bahan kimia dalam pestisida yang disemprotkan ke tanaman jagung tidak akan mudah hilang hanya dengan dicuci atau bahkan di masak. Zat kimia dalam pestisida ini akan larut dalam darah dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Dua Mahasiswa Peserta TGC Alami Psikogenik

Previous article

Indonesia Jadi Destinasi Penyelaman Terbaik Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary