JogjaKUSejarah

Goa Jepang Kaliurang Saksi Penjajahan Jepang Di DIY

0
wisata sleman
wisata Goa Jepang Kaliurang

Kaliurang tak cuman enak disinggahi karena cuacanya yang begitu sejuk.Namun Kaliurang juga punya situs yang patut dikunjungi untuk belajar sejarah.Di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang terdapat situs goa peninggalan masa penjajahan Jepang.Goa peninggalan Jepang ini terlihat sangat eksotis. Letaknya yang berada di pegunungan membuat udara di tempat ini terasa sangat sejuk. Apalagi, pengunjung dapat melihat kawanan monyet di habitat alaminya.

goa-jepang-kaliurang-20151230105006

Goa Jepang Kaliurang .Sumber : http://www.spotunik.com

Untuk sampai ke Goa Jepang dari pintu masuk Nirmolo Kaliurang, pengunjung harus menempuh perjalanan menanjak selama 45 menit. Jalur yang dilalui tidak terlalu terjal tapi berliku. Bagi yang tidak suka dengan wisata petualangan, mungkin akan menyerah sebelum sempat sampai ke lokasi Goa Jepang. Tapi bagi yang mampu bertahan, dari pertigaan jalur antara Plawangan dan Goa Jepang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari dekat.

Menurut pengelola kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang, Goa Jepang yang berada di Kaliurang dahulu difungsikan oleh tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Berbeda dengan karakter Goa Jepang yang ada di beberapa kota lain di Indonesia, seperti di Bandung, Papua, Bali, NTT, dan Jawa Timur, Goa Jepang yang berada di Kaliurang berjumlah 25 unit. Goa-goa tersebut saling berhubungan satu sama lain, masih orisinal, dan tanpa penerangan.

David Foster, Brian McKnight & Chaka Khan Guncang Yogyakarta

Previous article

Simulasi Pemadaman kebakaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU