JogjaKUUniknya Jogja

Omah Kalang Icon Kejayaan Saudagar Kotagede

0
Rumah-Kalang

Rumah Kalang ( sumber : http://www.jogjaland.net)

Omah Kalang Adalah satu jenis rumah khas Kotagede yang dipunyai oleh orang-orang Kalang, yaitu golongan saudagar yang tinggal di Tegalgendhu serta sekitarnya. Omah kalang pada intinya yaitu rumah tradisional Jawa tetapi telah memperoleh sentuhan serta dampak luar, terutama Barat, dan mempunyai citra megah Orang Kalang merupakan pendatang yang diundang oleh Raja untuk menjadi tukang ukir perhiasan kerajaan.

Keunikan Rumah Kalang ini adalah adanya perpaduan unsur Jawa dan Eropa, yaitu joglo yang dijadikan rumah induk terletak di bagian belakang dan di depan bangunan model Eropa. Bangunan Eropa ini cenderung ke bentuk baroque, berikut corak corinthian dan doriq.

Sedang pada bangunan joglonya, khususnya pendopo sudah termodifikasi menjadi tertutup, tidak terbuka seperti pendopo joglo rumah Jawa. Relief-relief dengan warna-warna hijau kuning, menunjukkan bukan lagi warna-warna Jawa lagi. Munculnya kaca-kaca warna warni yang menjadi mosaik penghubung antar pilar-pilar, menunjukkan joglo ini memang sudah menerima sentuhan lain.

Prediksi Real Madrid Vs Napoli

Previous article

Prediksi Bayern Munchen Vs Arsenal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU