Kab GunungkidulNews

Gunung Kidul kaji kondisi alam gua Pindul

0

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait kajian kondisi alam Gua Pindul akibat tingginya wisatawan yang berkunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya sudah melakukan pembuatan pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL) ke Dinas Lingkungan Hidup sejak 2016.

“Kami segera menyerahkan ke Dinas Lingkungan Hidup secepatnya, ini berkaitan dengan izin lingkungan lanjutan dalam pengelolaan Gua Pindul,” katanya.q Hary mengatakan bila sudah ada persetujuan maka nantinya akan digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk pengelolaan Gua Pindul. Salah satunya mengenai jumlah pengunjung yang masuk ke gua yang masuk geosite di Gunungsewu Geopark ini.

“Ke depan, semua pihak diharapkan mengikuti rekomendasi yang nantinya dikeluarkan,” katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Khairudin mengatakan jumlah kunjungan yang membludak bisa mempengaruhi ekosistem di sekitarnya.

“Kondisi Gua Pindul belum pernah diuji, tetapi kemugkinan kerusakan bisa terjadi,” katanya.

Ia mengatakan Gua Pindul sudah ada analisi mengenaik dampak lingkungan (Amdal), namun untuk UKL-UPLnya belum ada. (Sumber:Antr)

Khasiat madu diuangkap di Al-Qur’an

Previous article

Gunung Kidul kaji kondisi alam gua Pindul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *