Flash InfoTechno

Cara Memanfaatkan Air Ala Komunitas Kandang Hujan

0
cuaca ekstrem

Eksplorasi air tanah berlebihan menimbulkan dampak buruk bagi ekologi lingkungan. Salah satunya penurunan muka tanah dan kerusakan siklus hidrologi. Karena itu, komunitas Kandang Hujan sengaja mengurangi penggunaan air tanah dengan cara yang cukup sederhana.

“Sebenarnya bisa tampung air hujan pakai apapun. Tapi kami pakai tandon 750 liter. Lalu menggunakannya untuk dikonsumsi langsung (diminum) dan keperluan lain seperti untuk berish-bersih atau mencuci,” kata Aktivis Kandang Hujan Sleman, Thomas Soekarto saat ditemui di UGM, Rabu (1/3).

Pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai arsitek itu sudah menjadi anggota Kandang Hujan sejak 2012. Oleh karena itua, selama lima tahun ia dan keluarganya di Maguwoharjo, Depok, sudah terbiasa menggunakan air hujan untuk dikonsumsi langsung.

Selain alasan kelestarian lingkungan, penggunaan air hujan sebagai sumber konsumsi juga dilatarbelakangi oleh alasan kesehatan. Menurut Thomas, air hujan sendiri memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap. Di sisi lain, pH dan Total Dissolved Solid (TDS) air hujan sudah memenuhi standar air berkualitas yang layak dikonsumsi.

Adapun air yang bagus untuk dikonsumsi oleh manusia adalah air yang mengandung pH 7.0 atau lebih. Sedangkan nilai TDS-nya harus dibawah 100 ppm. “Semakin rendah TDS-nya maka air akan semakin bagus. Walaupun ambang batas TDS air yang bisa kita minum sampai 500 ppm,” kata Thomas.

Bahkan, menurutnya, negara-negara maju sudah menetapkan ambang minimal TDS yang dapat dikonsumsi. Uni Eropa misalnya, menetapkan batas maksimal TDS air minum sebesar 75 ppm. Sedangkan Amerika Serikan menetapkan 100 ppm.

Di samping itu, WHO telah meluncurkan sebuah pernyataan bahwa air yang layak dikonsumsi harus memiliki nilai TDS maksimal 50 ppm. “Air  hujan memiliki pH di atas 7.0 dan TDS paling tinggi 25ppm, rata-ratanya hanya 14 ppm. Sedangkan air keran yang berasal dari tanah, TDS-nya rata-rata di atas 100 ppm,” kata Thomas. Oleh sebab itu, air hujan aman untuk dikonsumsi langsung.

Namun, nilai pH dan TDS air hujan di setiap daerah berbeda-beda. Karerna itu, saat ini Kandang Hujan tengah melakukan penelitian terhadap sampel air hujan di  berbagai daerah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas air hujan di wilayah yang berbeda-beda. (Rol)

JIAS 2017 kenalkan kedirgantaraan pada masyarakat

Previous article

Haa !!!, Studi Sebut Orang yang Sering Telat Cenderung Lebih Sukses

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info