News

Warga diminta waspadai luapan kali code

0

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kota Yohyakarta meminta warga yang tinggal di bantaran sungai tetap waspada karena potensi luapan air beberapa sungai akibat hujan masih tinggi.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto menceritakan seperti saat hujan deras beberapa hari lalu, sempat terjadi luapan air Sungai Code di Cokrodirjan Kecamatan Danurejan.
Sungai Code adalah satu dari tiga sungai besar yang membelah Kota Yogyakarta. Di bantaran sungai tersebut merupakan kawasan padat permukiman penduduk.

Salah satu kewaspadaan masyarakat, kata dia, adalah potensi banjir lahar dingin karena Sungai Code berhulu di Sungai Boyong yang berhulu di Gunung Merapi.

Selain luapan, potensi bencana yang perlu diwaspadai adalah talud dan tebing longsor akibat tergerus arus air sungai yang deras saat hujan.

Sebelumnya, Ketua Pemerti Code Totok Pratopo selaku komunitas warga di Sungai Code mengatakan, sungai menjadi wilayah yang selalu terdampak apabila terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan potensi hujan masih cukup tinggi pada Maret dengan intensitas hujan mencapai 200 hingga 300 milimeter per bulan dan pada April masuk musim pancaroba. (Sumber:Antara)

Promo tiap hari di Jogja Bay

Previous article

Peniliti: Tanah di jawa rawan longsor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News