JogjaKUUniknya Jogja

Bebek Suwar Suwir Hidangan Favorit Sultan HB IX

0

Penguasa Kraton Yogyakarta punya banyak menu favorit.Makanan favorit para Sultan termasuk di antara suguhan khas Keraton Yogyakarta itu bisa dinikmati di Bale Raos, restoran yang dibuka sejak 23 Januari 2004 atas prakarsa KGPH Hadiwinoto, adik Sri Sultan Hamengkubuwono X.

bebek-suwar-suwir

Bebek Suwar Suwir ( Sumber : https://www.baleraos.co.id)

Salah satu makanan favorit Sultan Hamengkubuwono IX adalah Bebek Suwar-Suwir.Kata “suwar-suwir” pada nama makanan itu berasal dari Bahasa Belanda “zur en zoete” yang artinya asam manis. Daging bebek dimasak dengan kedondong dan disajikan dengan saus kedondong. Menu ini Merupakan kreasi juru masak Keraton berdarah Belanda.

Selain itu ada hidangan pembuka favorit Sultan Hamengkubuwono VIII yang dinamai Selada Huzar, yang berupa wortel, buncis, timun, bawang merah, kentang goreng dan putih telur yang disajikan dengan mayones.

Ada juga Sup Timlo favorit Sultan Hamengkubuwono X, yang juga biasa disajikan untuk menjamu tamu-tamu Sultan.Sup dengan kuah berbumbu jahe dan aneka rempah itu berisi jamur kuping, daging ayam, bunga pisang, wortel, telur gulung dan taburan ceriping kentang.

Talud Kali Code Kembali Longsor, 4 Rumah Terancam Longsor Susulan

Previous article

Marvel Rilis Teaser Deadpool 2

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU