Kab BantulNews

Bentuk Masjid Kuno Kauman Pleret Semakin Terlihat

0

Pengungkapan misteri gambar bentuk Masjid Kauman Pleret semakin dekat. Hal itu menyusul dengan ditemukannya satu lagi struktur pondasi yang berada di sisi selatan kawasan Situs Pleret.

Ditemui di sela Eksvakasi Arkeologi yang dilakukan di Situs Pleret, RT 4 Dusun Kauman, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kamis (9/3/2017), Arkeolog Balai Arkeologi (Balar) DIY Hery Priswanto menjelaskan, ekskavasi pertama di tahun 2017 tersebut semakin menguatkan dugaan terhadap struktur bangunan masjid yang memiliki peran penting dalam sejarah Mataram Islam tersebut.

Struktur yang rencananya akan diekskavasinya selama dua tahap mulai 6-31 Maret itu, diduganya merupakan pondasi salah satu sisi bangunan. Penemuan itu menambah koleksi temuan di Situs Pleret.

Sebelumnya, sejak dilakukan penelitian di kawasan itu 2010 silam, sudah ada sejumlah sisa struktur yang diduga merupakan bagian Masjid Kauman. Di antara struktur yang berhasil ditemukan adalah 28 buah umpak (alas tiang penyangga), gapura pintu masuk utama, mimbar masjid, lantai masjid, dan pondasi bangunan.

Sementara Koordinator Lapangan Sinta Akhirian menjelaskan, ekskavasi yang dilakukannya kali ini merupakan kegiatan yang kedelapan kalinya sejak 2010. | Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja |

 

Disbud Sleman gunakan kentongan di lingkungan kerja

Previous article

Penataan Malioboro, PKL dipindahkan ke Bioskop Indra

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul