Kota JogjaNews

Gapura Jogja akan diperbaiki

0

StarJogja.com, Jogja – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta akan melakukan perbaikan gapura batas kota yang berada di Jalan Adi Sutjipto karena sudah mengalami korosi.

“Sesuai rekomendasi Universitas Gadjah Mada (UGM) dinyatakan bahwa struktur dan konstruksi gapura sudah mengalami korosi sehingga berpotensi membahayakan pengguna jalan. Terlebih lalu lintas di sekitar gapura batas kota selalu padat sehingga perlu dilakukan perbaikan,” kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Wijayanto.

Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp850 juta untuk membiayai perbaikan gapura. “Tidak ada perbedaan desain gapura. Semuanya masih akan sama dengan gapura yang ada saat ini, termasuk ornamennya,” katanya.

“Khusus untuk gapura di Jalan Magelang, dinilai masih memiliki struktur yang baik sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan,” kata Wijayanto.

Proses perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima bulan karena pekerjaan akan banyak terkendala kondisi lalu lintas yang cukup ramai. “Mungkin pekerjaan pemasangan gapura baru bisa dilakukan saat malam hari agar tidak mengganggu lalu lintas,” katanya.

Proses perbaikan gapura, lanjut dia, tidak akan sepenuhnya dikerjakan di lokasi, tetapi dikerjakan di bengkel. “Gapura lama akan kami bongkar dulu,” katanya.

Pekerjaan di bengkel meliputi pembuatan bagian utama gapura dan ornamen yang menghiasinya. Bagian utama gapura akan dibagi menjadi sejumlah bagian yang kemudian disusun membentuk gapura yang utuh. Sumber:Antara

Kota Jogja harus kerja keras untuk raih Adipura

Previous article

Duh … Siswa SMP Tewas Dibacok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja