Kab GunungkidulKota JogjaNews

Pemkab inginkan Bandara Gading dijadikan bandara komersil

0

StarJogja.com, JOGJA – Jumlah bandara di Jogja sepertinya akan bertambah. Hal ini dibuktikan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, menghendaki pengembangan Pangkalan Udara (Lanud) Gading di Playen menjadi bandar udara (bandara) perintis. Apabila ini jadi direalisasikan maka nantinya akan ada tiga bandara yang beroperasi di Jogja.

Seperti dilansir dari Antara, Bupati Gunung Kidul Badingah, mengatakan pemkab akan menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam waktu dekat ini.
Ia mengatakan pertemuan tersebut diharapkan bisa mengetahui kekurangan dan apa yang perlu diperbaiki sehingga bisa menjadi bandara untuk penerbangan komersil.
Badingah mengatakan rencana pengembangan Lanud Gading menjadi bandara komersil akan dibahas juga dengan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Kidul Drajat Ruswandono mengakui hingga kini masih terdapat kekurangan dalam pengembangan Lanud Gading. Lanud Gading memiliki dimensi landas pacu 45 meter x 1.400 meter, taxiway (landasan penghubung) sepanjang 18 x 106 meter, yang menjadi modal awal saat ini.

Mengenai segi kesiapan landasan, Lanud Gading dinilainya sudah cukup layak dijadikan bandara untuk melayani penerbangan perintis. Kekurangan lain adalah dari sarana prasarana bandara seperti PAPI (position approach indicator) dalam kondisi tidak menyala, alat radio dan juga komunikasi yang lama tidak aktif. Apabila Lanud Gading ingin dijadikan bandara komersil maka semua kekurangan tersebut harus terpenuhi. (AM)

DPRD DIY Dukung Langkah Penegakan Hukum Polri Atasi Kriminalitas Remaja dan Pelajar

Previous article

Pemkab inginkan Bandara Gading dijadikan bandara komersil

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *