Kab BantulNews

Di Bantul Hujan rendam tanaman bawang, petani rugi ratusan juta

0

StarJogja.com, JOGJA –  Hujan yang turun sejak beberapa hari yang lalu di Wilayah Jogja berimbas pada sebagian lahan bawang merah yang berada di Desa Parangtritis, Kabupaten Bantul. Tanaman bawang merah tersebut terendam air.

Seperti dilansir dari Antara, salah seorang petani bawang merah Duwuran Desa Parangtritis, Nukisam di Bantul mengatakan air yang merendam tanaman bawang yang digarapnya itu ketinggiannya 30 sampai 60 sentimeter.

Menurut dia, penyebab lahan terendam itu karena air tidak dapat mengalir keluar dari lahan akibat minimnya saluran irigasi, sebab hanya terdapat satu saluran besar, padahal idealnya dibutuhkan tiga saluran besar untuk mengantisipasi kejadian ini terulang terus-menerus.

Ia mengatakan bahkan pada musim tanam sebelumnya air yang merendam lahan bawang merah di kawasan ini bisa lebih tinggi dari 60 sentimeter.

Menurut dia bawang merah yang sudah terendam air tidak dapat terselamatkan lagi meskipun dicoba memberikan obat-obatan, sehingga akibat kejadian tersebut dia mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Pengurus Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Parangtritis Tukimin mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan air dari bukit-bukit di Desa Parangtritis mengalir deras, hingga drainase tidak mampu menampung.

Ia mengatakan akibatnya luapan air meluber ke areal persawahan dan tanaman petani, bahkan bawang merah yang masih berumur 15 hari tersebut mulai layu, sejumlah di antaranya bahkan sudah nampak membusuk.

Tukimin memperkirakan ada lahan pertanian seluas 15 sampai 20 hektare di daerah itu yang terendam air usai hujan deras pada Sabtu (18/3) malam hingga Minggu (19/3) pagi, dan dipastikan mengalami gagal panen terutama yang tergenang dalam waktu lama.

“Kalau nilai kerugian petani diperkirakan mencapai Rp200 juta. Saya sendiri merugi sekitar Rp25 juta, dari lahan seluas 4.000 meter persegi,” katanya. (AM)

Rutin Minum Teh Perkecil Risiko Demensia

Previous article

Indonesia kembali lakukan Naturalisasi pemain sepak bola

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul