Kota JogjaNews

Pameran “Terawang Borobudur Abad X” Teguhkan Unggulnya Budaya Indonesia

0

Star Jogja – Yogyakarta . Balai Konservasi Borobudur bersama, Jogja Gallery, PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Komunitas Seniman Borobudur (KSBI 15), dan seni kreatif lokal Lidiah Art dusun Jowahan Borobudur berkolaborasi menyelenggarakan pameran Cagar Budaya dengan mengangkat Judul “Terawang Borobudur Abad X”. Pameran dilaksanakan 14-26 Maret 2017 di Jogja Gallery.

Pameran “Terawang Borobudur Abad X” diambil sebagai dasar untuk menampilkan kondisi Candi Borobudur pada Abad X. Materi pameran dikelompokkan menjadi beberapa sub tema, agar para pengunjung lebih mudah dalam memahami informasi yang akan disampaikan.

Informasi yang dihadirkan diantaranya Kondisi Candi Borobudur Abad X yang berupa ilustrasi tahap-tahap pembangunan Candi Borobudur, replika relief Candi Borobudur untuk menunjukkan kondisi kehidupan masyarakat Jawa Kuno pada saat itu, relief alat musik pada Abad X, dan materi berupa lukisan yang dibuat oleh para pelukis yang tergabung dalam komunitas seni KSBI Borobudur. Lukisan tersebut menggambarkan kondisi pembangunan Candi Borobudur serta masyarakat yang ada di sekitarnya.

Selain itu,penghujung juga akan disajikan foto foto Masa penemuan kembali Candi Borobudur, ditunjukkan dengan materi berupa foto Prasasti Karang Tengah dan Sri Kahulunan yang memuat tentang keberadaan Candi Borobudur. Foto-foto kuno sebelum pemugaran tahap I menggambarkan kondisi Candi Borobudur setelah ditemukan.

Selama pameran akan dimeriahkan dengan Game Interaktif untuk para pengunjung dan anak-anak sekolah yang memperebutkan berbagai macam hadiah. Diharapkan dengan terselenggaranya pameran “Terawang Borobudur Abad X” yang merupakan kolaborasi berbagai pihak akan memperkuat ekositem kebudayaan yang tengah digencarkan pemerintah, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pada Abad X Indonesia telah memiliki kebudayaan yang unggul.(Den)

The Captain : Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Ainul Kholid

Previous article

Hujan Deras Akibatkan Longsor di Sejumlah Wilayah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja