Kota JogjaNews

Puluhan warga Baciro demo DPRD Kota Jogja

0

StarJogja.com, JOGJA – Sebanyak dua puluh warga Baciro, Gondokusuman, Kota Jogja, mengadu pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja. Mereka mendesak dewan untuk memfasilitasi keluhan warga dengan Pemerintah Kota Jogja dan Pertamina terkait polusi udara yang ditimbulkan dari Depo Elpiji di Jalan Argolubang.

Depo elpiji yang dijadikan tempat pengepresan tabung gas yang rusak dan cacat itu menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu warga setempat.

“Dampak bau gas yang kami alami sudah setahun dan puncaknya sejak September tahun lalu sampai sekarang,” kata Ketua RT 34/ RW 10 Baciro, Servasius Wue, saat beraudiensi dengan pimpinan dewan.

Ia mengaku keluhan itu sudah lama dialami warga, namun pihak Pertamina saat itu menjanjikan akan menghentikan sementara aktivitas pengepresan tabung yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut. Selain itu Pertamina juga menjanjikan akan bertnggung jawab menghilangkan bau dan melakukan pemeriksaan kesehtan untuk warga secara rutin.

Bahkan, pada Maret ini, Pertamina juga berjanji akan memindahkan pusat penyimpangan tabung bekas itu ke Karanganyar, Jawa Tengah. Namun hingga kemarin janji itu tidak ditepati. Alih-alih memindahkan depo, Servsius menilai Pertamina justru melobi warga dalam pengajuan izin gangguan atau HO terkait ktifitas pengepresan tabung rusak dan cacat.

Akibatnya warga pun terpecah. Ia menyebut ada intimidasi dalam proses permintaan persetujuan izin gangguan itu.| Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja |

AKBP Yulianto Jabat Kepala Bidang Humas Polda DIY

Previous article

Rekening Rp25 Juta Tak Wajib, Syarat Pembuatan Paspor Lebih Ketat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja