Kota JogjaNews

Bangun toilet bawah tanah di kawasan Malioboro habiskan 5,2 M

0

StarJogja.com, JOGJA –  Toilet bawah tanah di sepanjang Malioboro sedang dalam proses pembangunan dengan standar kualitas toilet hotel bintang lima. Pembangunan toilet bawah tanah tersebut menghabiskan anggaran Rp5,4 miliar. Sejalan dengan itu proyek revitalisasi Malioboro tahap kedua juga sedang berjalan. Pemerintah batal memindahkan sementara para pedagang kaki lima (PKL) karena adanya kesepakatan libur saat hari pengerjaan proyek.

Dikutip dari Harian Jogja.com, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Muhammad Mansyur menjelaskan, pembangunan toilet dengan fasilitas standar hotel berbintang saat ini memang sedang berlangsung.

Ia menambahkan, secara umum toilet tersebut akan memiliki sekitar 20 pintu di bawah tanah. Menurutnya dinilai cukup untuk melayani wisatawan kawasan titik nol kilometer. Sedangkan untuk kawasan sepanjang Malioboro ke depan akan diupayakan pembangunan toilet serupa. Namun detailnya letak dan jumlahnya belum ditentukan.

Terkait revitalisasi Malioboro tahap kedua, lanjutnya, prosesnya cenderung lebih kondusif ketimbang tahap pertama. Pihaknya membatalkan rencana pemindahan sementara PKL ke eks bioskop Indra. Atas kesepakatan bersama PKL, maka keputusannya adalah PKL libur berjualan saat proses pembangunan berjalan secara bergantian.

Beberapa titik yang sudah terlaksana antara lain, di depan Pasar Beringharjo untuk pengecoran tahap awal. Sesuai PKL libur tiga pekan, namun dalam praktiknya pelaksana proyek mampu merampungkan kurang dari tiga pekan. Sehingga PKL bisa berjualan lagi. Selanjutnya sistem serupa juga akan digunakan saat pemasangan teraso di tempat yang sama. (AM)

BREAKING NEWS : Gudang Ampas Tebu Milik PT.Madubaru Terbakar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja