Kota JogjaNews

Masa Kecil Rektor UGM Terbiasa Prihatin

0
Guru Besar UGM diduga Corona

Star Jogja.Yogyakarta. Prof Panut Mulyono, dekan Fakultas Teknik terpilih sebagai Rektor UGM periode 2017-2022.Panut terpilih setelah dilakukan proses voting oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM pada Senin (17/4/2017).

Keberhasilannya memimpin fakultas teknik mengantarkannya untuk menjadi pimpinan Kampus Rakyat ini. Selama empat tahun menjadi Dekan, Panut bersyukur bahwa 12 prodi S1 di Fakultas teknik sudah terkareditasi A. Sebagian prodi S2 dan S3 sudah terakreditasi A. Menurutnya tidak hanya akreditasi nasional, ia juga menggenjot akreditasi internasional, sebab sampai saat ini hnaya ada satu prodi, yakni prodi teknik kimia yang sudah mendapat pengakuan akreditasi internasional Institution of Chemical Engineers (IChemE).

Panut lahir dan besar di desa Sinungrejo, Ambal, Kebumen 56 tahun lalu. Ayahnya bekerja sebagai guru di sebuah sekolah dasar di kampungnya. Sebagai anak pertama dari 7 bersaudara, Panut kecil sudah terbiasa hidup prihatin. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

Panut bersama adik-adiknya menggunakan lampu teplok saat belajar di malam hari karena saat itu kampungnya belum tersambung listrik. Bahkan saat bersekolah ia dan kedua adiknya bersekolah tanpa sepatu.Ia mengaku biasa dibelikan sepatu saat lebaran saja,” kenangnya.

Penghasilan ayahnya sebagai guru tidaklah seberapa, sedangkan anak yang dinafkahi cukup banyak. Tidak heran Panut terbiasa makan nasi tanpa lauk pauk. Beruntung ayahnya memiliki sawah garapan sehingga setiap panen, padinya disimpan untuk mencukupi kebutuhan nasi sehari-hari.

Meski hidup dari keluarga sederhana dan ekonomi yang pas-pasan, semangat sang ayah menyekolahkan anak-naknya begitu kuat. Saat masih kuliah, Panut ingat kedua adiknya secara bersamaan masih kuliah di UNY dan Kedokteran UNDIP. (Sumber : Humas UGM )

PN Jogja Jatuhkan Hukuman Maksimal Kepada Pelaku Klitih

Previous article

Warga Semarakkan Kirab Budaya hingga Kembul Bujono Merti Dusun Kedon

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja