Kota JogjaNews

Bank Indonesia Resmikan Kas Titipan di Kabupaten Kebumen

0
Wisata Prioritas

Star Jogja.JOGJA – Sebagai satu-satunya lembaga yang bertugas mengedarkan uang dan memiliki misi memenuhi kebutuhan uang Rupiah kepada masyarakat, Bank Indonesia terus berusaha memberikan layanan sampai ke kota-kota yang belum terjangkau oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Layanan pemenuhan kebutuhan uang rupiah kepada masyarakat meliputi jumlah nominal yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar. Untuk melaksanakan hal tersebut Bank Indonesia bekerjasama dengan BNI Kebumen membuka kas titipan untuk wilayah Kebumen dan sekitarnya dengan 6 (enam) bank peserta di bawah pengawasan Kantor Perwakilan BI DIY.

Kas titipan merupakan kegiatan penyediaan uang Rupiah milik Bank Indonesia yang dititipkan kepada salah satu bank untuk mencukupi persediaan kas bank-bank dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah/daerah tertentu. Pembukaan layanan ini perlu dilakukan karena pertumbuhan ekonomi Kebumen dan Kabupaten di sekitarnya terus menunjukkan tren peningkatan, sehingga layanan penyediaan uang rupiah dibutuhkan guna memperlancar transaksi keuangan.

Keberadaan kas titipan ini juga memegang peranan penting tidak saja dalam pendistribusian Uang Layak Edar (ULE) dan uang Hasil Cetak Sempurna (HCS) kepada masyarakat, tetapi juga dalam penyerapan Uang Tidak Layak Edar (UTLE) dari masyarakat. Kas titipan juga diharapkan dapat memitigasi risiko kesulitan likuiditas bank sehingga perputaran arus kas menjadi lancar, menciptakan efisiensi biaya operasional kas karena mengurangi biaya remise (setor/tarik) ke kantor koordinator masing-masing bank, serta mengurangi risiko pada saat pengambilan/pengiriman uang.

Peresmian kas titipan ini dilakukan pada tanggal 21 April 2017 oleh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, disaksikan oleh Bupati Kebumen, Pejabat Kantor Pusat Bank Indonesia, Direksi Bank Negara Indonesia, Kepala Perwakilan BI DIY dan beberapa Kepala Perwakilan di Jawa Tengah. Lebih lanjut, kas titipan diharapkan juga akan meningkatan kualitas uang yang beredar di masyarakat yang sejalan dengan kebijakan Clean Money Policy Bank Indonesia dan membantu pemenuhan uang pecahan kecil, terutama bagi bisnis retail di wilayah Kebumen dan sekitarnya. Secara keseluruhan, kas titipan akan meningkatkan kinerja bank seiring dengan upaya peningkatan kegiatan perekonomian daerah.

Menteri Rini targetkan aset BUMN 7.200 Triliun

Previous article

Kasus KDRT di DIY meningkat dari tahun ke tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja