FeatureKab SlemanNews

Labuhan Merapi Sarat Makna untuk Selaraskan Manusia dengan Alam

0

StarJogja.com, JOGJA – Sebuah ritual sebagai wujud rasa syukur terhadap Sang Pencipta kembali digelar di kawasan gunung Merapi, acara tersebut adalah Labuhan merapi.

Prosesi Labuhan Merapi yang berlangsung  pada hari Jumat ini  dihadiri sekitar 800 warga. Setidaknya juga akan dihadiri 20 abdi dalem yang ikut serta mengarak uba rampe ini hingga ke Pos 1 Srimanganti.

Seperi dikutip dari Harianjogja.com, Juru kunci Merapi, Mas Kliwon Surakhasohargo, menuturkan persiapan labuhan telah dilakukan sejak tiga bulan lalu, khusus untuk membersihkan jalur dari Kinahrejo ke Srimanganti. Mbah Asih, sapaan akrabnya, mengatakan rangkaian uba rampe akan diarak sejauh tiga kilometer sampai dilakukan upacara resmi Labuhan Merapi.

Uba rampe sebelumnya disemayamkan semalam guna prosesi Labuhan Merapi telah diserahkan ke Pendapa Kecamatan Cangkringan, Kamis (26/4/2017). Uba rampe yang diterima juru kunci Gunung Merapi, Mbah Asih, ini disemayamkan semalaman sebelum dilabuh.

Labuhan tahun ini merupakan labuhan alit dan tahapannya sama dengan tahun sebelumnya tanpa perubahan apapun. Setelah itu, akan dilakukan doa bersama tepat pada tengah malam pergantian hari setelah sebelumnya acara kenduri dan hiburan wayang kulit digelar. Mbah Asih mengatakan doa juga akan dikirimkan kepada leluhur agar tenteram di alam baka. (AM)

Deklarasi Stop Pergaulan Bebas & Pernikahan Dini Se Kecamatan Cangkringan

Previous article

Imam Priyono ucapkan selamat kepada Haryadi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature