Kab SlemanNews

Dinas kebudayaan Sleman Gelar Lomba Mocopat Tingkat SD dan SMP

0
bahasa jawa punah

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar lomba “Macapat” tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Sleman tahun 2017 pada Selasa (23/5) di Rumah Dinas Bupati Sleman. Hari pertama lomba digelar tingkat SD dan diikuti oleh 22 peserta dari beberapa SD di Sleman. Lomba dibuka langsung oleh Edy Winarya, S.Sn selaku Kepala Bidang Kesenian yang ditandai dengan pemukulan Bende.

Dalam sambutannya Edy menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya lomba macapat ini untuk penanaman nilai pada anak, menyeimbangkan antara value tentang kebudayaan lokal dengan globalisasi serta pengembangan dan pemanfaatan tembang macapat.

Lebih lanjut Edy menegaskan akan mengubah opini masyarakat mengenai kemampuan yang dimiliki anak mesti diturunkan dari orang tuanya. Karena tidak semua anak mempunyai kemampuan yang diturunkan oleh orang tuanya melainkan dengan latihan secara terus menerus.

Di akhir sambutannya Edy berharap anak – anak yang mengikuti lomba nembang macapat akan meneruskan nilai – nilai budaya lokal khususnya nembang Macapat serta mengembangkan tembang macapat. “Diharapkan anak – anak nantinya akan bisa mengembangkan tembang macapat dengan menambahkan cengkok – cengkok dalam suatu lagu yang ada” harap Edy. Bertindak sebagai dewan juri bapak Sudaryo, Sajiyono dan Marjuki.

Peserta macapat semuanya berpakaian adat jawa. Para pemenang akaan mendapatkan hadian berupa trophy dan uang pembinaan.

Tak Hanya Penimbunan Pangan, Petasan hingga Balap Liar Ikut Dibidik

Previous article

Beban pemeliharaan Candi Ratu Boko semakin berat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman