FeatureKota JogjaNews

Puncak kepadatan Malioboro diperkirakan ahir pekan

0
potensi wisata malam

Starjogja.com, Jogja – Kepadatan lalu lintas dan wisatawan yang berkunjung di kawasan Malioboro, Yogyakarta, terus mengalami peningkatan sejak H+1 Lebaran dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh, memperkirakan puncak kepadatan wisatawan akan terjadi Jumat atau Sabtu. Menurutnya kepadatan wisatawan di Malioboro cenderung semakin meningkat pada malam hari.

Kepadatan arus lalu lintas menuju Malioboro sudah terjadi sejak dari simpang empat Tugu, dan sejumlah akses masuk lain seperti dari arah Jalan Abu Bakar Ali serta dari Jalan Mataram.

Arus lalu lintas masih tetap tersendat di Jalan Malioboro karena banyak wisatawan yang berjalan hingga tepi jalur cepat atau wisatawan yang menyeberang sembarangan.

Lokasi yang menjadi favorit wisatawan saat menghabiskan masa liburan mereka di Malioboro di antaranya adalah berfoto dengan latar belakang papan nama Jalan Malioboro, atau sekadar duduk di tempat duduk yang berada di jalur pedestrian.

Antrean wisatawan yang hendak berfoto di papan nama Jalan Malioboro terkadang meluber hingga masuk ke jalur cepat.

Kendaraan roda empat juga diminta tidak berhenti sembarangan di Jalan Malioboro karena akan menambah kepadatan lalu lintas.

Keterbatasan kapasitas parkir yang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk ke Malioboro menyebabkan sejumlah wisatawan memanfaatkan tepi jalan umum sebagai lokasi parkir, seperti yang terjadi di Jalan Senopati sisi utara.

Sementara itu, pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai wisata di Malioboro dapat langsung datang ke pos “Tourist Information Service” yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Pos tersebut berada di depan pintu masuk sisi selatan Hotel Inna Garuda.

Pos “Tourist Information Service” akan dioperasionalkan selama lima hari mulai Kamis (29/6) hingga 3 Juli dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Seperti ditulis Antara, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memperkirakan, total jumlah wisatawan yang berkunjung atau hanya melintas di Yogyakarta selama libur Lebaran bisa mencapai 3,5 juta hingga 4,5 juta orang. (Am)

Jumlah wisatawan tinggi, target retribusi terlampaui

Previous article

Benarkah ini foto Obama kecil sedang bersalaman dengan Soekarno

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature