Kota JogjaNews

PT.KAI Tidak Menyediakan Kompensasi bagi pedagang di selatan Stasiun Tugu

0

Starjogja.com, Jogja – PT.Kereta Api Indonesia (KAI) tidak menyediakan kompensasi mau pun lahan pengganti untuk puluhan pedagang di sepanjang Jalan Pasar Kembang yang akan digusur, Rabu (5/7/2017) pagi ini. Pedagang yang sudah puluhan tahun berjualan itu harus angkat kaki tanpa kompensasi meski mereka rutin membayar retribusi kepada Pemerintah Kota Jogja.

Manager Humas PT.KAI Daerah Operasional (Daops) 6 Jogja, Eko Budianto, menyatakan sekian lama PT.KAI tidak memungut apa pun kepada para pedagang yang sudah menempati lahan KAI. Saat ini, kata dia, giliran PT.KAI yang akan menggunakan lahan tersebut. Ia meminta semua pedagang yang akan ditertibkan lapang dada untuk mengosongkan lahan. Ia mengklaim dari seratusan kios di selatan Stasiu Tugu, sebagian sudah mengosongkannya.

Eko mengklaim proses penertiban 70 kios sudah sesuai prosedur, dari mulai menerbitkan surat peringatan pengosongan lahan sejak Juni tahun lalu hingga surat peringatan ketiga. Namun tidak ada respon. Proses sosialisasi, kata dia, juga sudah dilakukan berkali-kali. Meski pedagang tidak menghadiri sosialisasi, menurutnya bukan salah PT.KAI.

Penggusuran pedagang Pasar Kembang itu merupakan bagian dari penataan Stasiun Tugu. Menurut Eko, bekas kios yang digusur akan dibuat trotoar dengan lebar 5-6 meter yang terbentang dari Simpang Teteg sampai Simpang Empat Jlagran, Pringgokusuman. Trotoar itu terhubung sampai ke kawasan Malioboro. Selain itu suasana stasiun juga dapat terlihat dari jalan.

Selain kios, sejumlah kantor instansi juga bakal tergusur, di antaranya kantor Kecamatan Gedongtengen, kantor Polsek Gedongtengen, Koramil Gedongtengen, dan Kantor Urusan Agama (KUA) Gedongtengen. Namun kantor instansi tersebut sudah mendapat gantinya di Jalan Dagen atau di lahan bekas Universitas Proklamasi. (AM)

Jangan pernah menahan keinginan buang angin

Previous article

Di Bukit Menoreh akan dibangun Irigasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja