FeatureKota JogjaNews

Dukung pariwisata, Kota Jogja optimalkan ekonomi kreatif

0
tanda Lailatul Qadar
suasana malam hari

Starjogja.com, Jogja – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan mengoptimalkan peran ekonomi kreatif untuk mendukung pengembangan pariwisata, salah satunya melalui kegiatan promosi pariwisata.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono, pariwisata tidak bisa dilepaskan dari ekonomi kreatif. Jika ingin mengembangkan potensi pariwisata dengan optimal, maka peran ekonomi kreatif dan industri kreatif harus dilibatkan secara maksimal.

Menurut dia, salah satu wisata unggulan di Kota Yogyakarta adalah wisata belanja yang tersebar di beberapa kawasan, salah satunya di pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta, Beringharjo.

Wisata belanja, lanjut dia, sangat didukung oleh peran industri kreatif yang ada di Yogyakarta dan jika tidak digandeng menjadi bagian penting pariwisata maka potensi wisata belanja tidak akan optimal.

Dikutip dari Antara, tahun ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melakukan kajian atau konsultasi untuk menyiapkan Kota Yogyakarta sebagai kota kreatif yang mendukung pengembangan pariwisata.

“Dalam pengembangan ekonomi kreatif atau industri kreatif, Dinas Pariwisata memiliki tugas untuk mempromosikan potensi ekonomi kreatif, sedangkan proses pembinaan dan pengembangan menjadi ranah dari instansi lain yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” katanya.

Yunianto menambahkan, Badan Ekonomi Kreatif juga akan memetakan potensi industri kreatif di Indonesia. “Yogyakarta sebagai salah satu kota yang memiliki potensi tersebut akan berupaya menyampaikan potensi unggulannya. Tentunya, akan diutamakan potensi industri kreatif yang berbasis budaya,” katanya. (AM)

Yuk ! mengenal Eva Ekeblad, Tokoh di Sampul Google Doodle Hari Ini

Previous article

Orang sakit sumbang PAD tertinggi di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature