FeatureKab SlemanKota JogjaNews

UGM galang 1000 tanda tangan tolak hak angket KPK

0

Starjogja.com, Jogja – Universitas Gadjah Mada (UGM) secara tegas menyatakan penolakannya terhadap Pansus Angket KPK DPR RI. Sejumlah guru besar UGM memberikan pernyataan sekaligus kritikan terhadap Pansus itu, dalam konferensi pers di Balairung UGM, Senin (10/7/2017) pagi.

Acara yang diawali dengan santap soto itu dihadiri lebih dari 10 guru besar UGM, tak terkecuali Rektor UGM, Panut Mulyono dan mantan Rektor UGM Dwikorita Karnawati.

Panut memberikan pernyataan cukup singkat dalam kesempatan itu mengawali pernyataan sikap yang disampaikan para guru besar, ia duduk deretan di belakang para guru besar lainnya di hadapan awakmedia.

“Kami Mendukung sepenuhnya untuk gerakan ini. Selanutnya kami serahkan kepada yang sudah menyiapkan isi yang akan disampaikan pada pagi hari ini, terimakasih,” ungkap Panut di Balairung UGM, Senin (10/7) pagi.

Pernyataan sikap dukungan terhadap KPK dan menolak Pansus Angket DPR RI disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum UGM Prof. Sigit Riyanto. Intinya, UGM tengah mengalang dukungan seluruh dosen untuk menolak Pansus Angket KPK, UGM akan memantau Pansus Angket KPK dan membuat deklarasi UGM berintegritas sebagai komitmen keberpihakan UGM terhadap gerakan anti korupsi.

Setelah Sigit menyampaikan pernyataan sikap, sejumlah guru besar dari berbagai latarbelakang keilmuan turut memberikan pernyataan yang sama. Prof. Dwikorita misalnya, meski bukan ahli hukum namun nuraninya terpanggil untuk memberikan dukungan terhadap penolakan angket KPK.

“Gerakan ini panggilan nurani, awalnya beberapa dosen, akhirnya berkembang masif, sudah ada ratusan dosen. Saya kebetulan geologi tidak paham bidang per-KPK-an tetapi kita semua apapun bidang punya nurani, sehingga kami bertekad untuk peduli terhadap upaya program integritas gerakan anti korupsi,” ungkap wanita yang pernah menjadi moderator Debat Capres dalam Pilpres 2014 ini.

Dilansir dari laman Harianjogja.com, aktivis Pusat Kajian Anti Korupsi UGM Zaenal Arifin Muchtar yang memandu pertemuan itu menyatakan, hingga Senin (10/7/2017) sudah terkumpul 400 dosen UGM yang menolak Angket KPK.

Penggalangan tandatangan terus dilakukan dengan target 1.000 dosen, dan UGM akan kembali memberikan pernyataan sikapnya bersamaan dengan Pansus Angket KPK DPR RI meminta pendapat ahli terkait angket tersebut pada Senin (17/7/2017) pekan depan. (AM)

Harga Salak Anjlok,Petani Datangi Kantor Pemkab Sleman

Previous article

Bank Bukopin Rayakan HUT ke 47 Dengan Banyak Penawaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature