Gunung Kidul bentuk tim penanggulangan bunuh diri

0

Starjogja.com, Gunung Kidul РKasus bunuh diri di Gunung Kidul menjadi perhatian serius dari Pemerintah setempat, karena wilayah Gunung Kidul termasuk daerah yang tinggi kasus kematian yang disebabkan  bunuh diri. Seperti dilansir dari laman Antara, Bupati Gunung Kidul, Badingah mengatakan merasa perlu membentuk sebuah tim dalam mengatasi trend tindak bunuh diri dikalangan warga di daerah setempat.

Ia mengatakan kasus bunuh diri pada 2017 sudah mencapi 20 orang dan dua kasus percobaan bunuh diri. Namun demikian, penanganan bunuh diri memang membutuhkan koordinasi semua pihak.

“Butuh koordinasi semua pihak, baik jajaran pemerintah, kepolisian, Kementrian Agama, kesehatan, Forum Kerukunan Umat Beragama dan pihak terkait,” katanya.

Kepala Kementerian Agama Gunung Kidul Mukotib menambahkan upaya pencegahan bunuh diri dilakukan melalui dakwah keagamaan.

“Kami mengoptimalkan para penyuluh di lapangan, diharapkan akan menyasar ke warga rentan yang tidak terjangkau,” katanya.

Menurut dia, bagi warga yang tidak bisa mendatangi pengajian atau kegiatan tentang pencegahan bunuh diri akan didatangi. “Melalui penguatan iman dan takwa tentu harapannya angka bunuh diri dapat dikurangi,” katanya.

Sementara, Kanit Pembinaan Ketertiban Masyarakat Sat Binmas Polres Gunung Kidul Iptu Surahyo mengatakan, kepolisian akan melakukan langkah kunjungan langsung ke warga yang dinilai rentan. Seperti hidup sendiri, dan sudah tidak diperhatikan keluarga. (Jibi|Am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here