FeatureKab BantulKota JogjaNews

4 Mahasiswa UMY Manfaatkan Air Laut Sebagai Sumber Listrik

0

Starjogja.com, Bantul – Ide cemerlang digagas empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Fazal Hawari (prodi Teknik Elektro 2015), Febi Fauzan Azmi (prodi Teknik Elektro 2014), Amir Malik Hizbullah (prodi Teknik Elektro 2014), Joko Suprayitno (prodi Tekknik Elektro 2014) dan Salman Al-Farisi (prodi Teknik Elektro 2015) ini diberi nama Life Water atau Lighting For Fisherman Powered by Sea Water. Adapun tim Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM-KC) dibantu Ramadoni Syahputra sebagai dosen pembimbing.

Life Water karya tim PKM-KC tersebut merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan saat malam hari bagi para nelayan terutama pada saat menangkap ikan.

“Kelebihan dari alat yang kami buat ini adalah lebih efisien dan efektif penggunaannya serta ramah lingkungan, karena sumber energi untuk memantulkan cahaya yang dihasilkan berasal dari air laut,” papar Fazal Hawari selaku ketua tim PKM-KC seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima pekan lalu.

Penggunaan alat ini lebih efisien daripada lampu petromak karena dapat memancarkan cahaya lebih jauh.

“Selain itu, alat ini juga tidak perlu menggunakan baterai, dilengkapi dengan pengatur tegangan untuk mengatur kecerahan cahaya LED pada saat digunakan, sehingga cahaya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Alat ini juga tidak perlu di-charge hanya perlu isi ulang air laut dalam kurun waktu lama. Jadi penggunaannya lebih lama dibandingkan dengan lampu petromak,” jelasnya.

Sementara itu, cara kerja LIFE WATER tersebut menurut Fazal adalah dengan memanfaatkan dua jenis elektroda yaitu karbon dan tembaga yang dimasukan ke dalam air laut, sehingga bisa menciptakan kutub positif dan negatif. Kemudian kutub-kutub tersebut dihubungkan dengan pengatur tegangan, kemudian dihubungkan lagi dengan LED super bright.

“Dengan sistem seperti ini maka rangkaian akan menjadi tertutup (Loop System), artinya electron yang dihasilkan dari air laut akan bergerak melalui elektroda menuju pengatur tegangan yang kemudian menuju LED super bright, sehingga dapat menyalakan LED. Listrik sebagai sumber tenaga yang dihasilkan dari alat ini untuk menyalakan lampu Light-Emitting Diode (LED) ini nantinya juga dapat meningkatkan radius penerangan yang lebih jauh dibandingkan dengan lampu petromak,” papar Fazal lagi.

Fazal berharap  adanya LIFE WATER ini mampu membantu serta meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan. “Harapan saya alat ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan serta dapat diproduksi dengan jumlah banyak agar nelayan dapat memperoleh dan menggunakan alat ini,” tandas Fazal. (Jibi|Harian Jogja|Am)

Sleman buka latihan Paskibraka

Previous article

Pemda DIY gelontorkan 4,5 M untuk keruk Dermaga Sadeng

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature