Kota JogjaNews

Ratusan Ribu Anak Akan Diberikan Imunisasi Campak dan Rubella

0

STARJOGJA, JOGJA – Dinas Kesehatan Kota Jogja siap Selenggarakan Kampanye Imunisasi (Measles Rubella) MR yang akan pada bulan Agustus dan September 2017. Kampanye imunisasi MR adalah suatu upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.Imunisasi ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan informed concens.

Kasi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Endang Sri Rahayu menjelaskan, jika virus rubella menjangkit ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, akan menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindrom rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung, mata, telinga, dan menghambat tumbuh kembang anak.

Untuk mengatasi itu, Pada bulan Agustus 2017 akan dilaksanakan pemberian imunisasi secara serentak pada seluruh siswa yang duduk di sekolah formal (PAUD-SMP/sederajat), yang berusia 9 bulan-15 tahun.Sementara pada bulan September, akan dilaksanakan pemberian imunisasi MR secara serentak pada seluruh anak balita mulai usia 9 bulan dan anak putus sekolah sampai usia 15 tahun, dilaksanakan di lebih dari lima ribu posyandu di kabupaten/kota se-DIY.Program ini tanpa dikenai biaya alias gratis.

Anak menjadi sasaran vaksin Campak dan Rubella agar terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sehigga
transmisi atau penularan penyakit campak dan rubella dapat dihentikan. Jika kondisi tersebut dapat dipertahankan, maka eliminasi campak dan rubella akan segera tercapai.(DEN)

Seribu Banser DIY Siap Perangi Radikalisme

Previous article

17 Mahasiswa dan Dosen UKDW Jogja Jadi Korban Kapal Tenggelam di Teluk Rinca

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja