Kota JogjaNews

Jika tidak ikut Jangan berharap Undian Gratis berhadiah

0

STARJOGJA – JOGJA . Masyarakat diminta mewaspadai dan tak terkecoh terhadap bentuk penipuan berkedok undian berhadiah yang masih terjadi.Pelaku penipuan biasanya memanfaatkan ketidakwaspadaan masyarakat yang terbuai iming iming hadiah. Jika ragu Masyarakat bisa mencari informasinya ke Kantor Dinas Sosial.

Sri Lestari PPNS Dinas Sosial DIY menyatakan dinsos bersama Polda DIY terus menggiatkan kegiatan pengawasan penyelenggaraan undian gratis berhadiah ( UGB).Pengawasan itu dilakukan mulai dari proses perizinan, pengadaan hadiah, pengundian hingga penyaluran hadiah kepada para pemenang.Pengawasan juga dilakukan untuk hadiah yang tidak tertebak.Pengawasan ini dilakukan guna menimalisir masalah ataupun munculnya upaya penipuan terkait UGB.

Setidaknya ada 4 modus yang dipakai pelaku penipuan berkedok undian berhadiah. Pertama,penipuan dilakukan lewat SMS yang menyatakan masyarakat mendapat hadiah. Kedua,melalui kupon asli tapi palsu yang dimasukkan dalam kemasan produk atau disebar langsung ke masyarakat . Selain itu dijumpai pula modus yang menawarkan hadiah kepada calon korban saat berada di pusat perbelanjaan.Untuk mendapatkan hadiah itu masyarakat dimintai sejumlah uang muka.

Kompol Samsul Bahrie , Kasie Korwas PPNS Polda DIY menyatakan Pelaku penipuan, baik lewat SMS, telepon, atau email, biasanya menggunakan nama besar untuk memperdaya korbannya. Hal ini dilakukan agar sang korban memosisikan diri sebagai individu yang diperhatikan oleh sosok besar, misalnya perusahaan, institusi, atau bahkan pihak berwajib seperti kepolisian.

Samsul menegaskan Masyarakat jangan mudah percaya dengan adanya informasi mendapatkan hadiah.Selain itu,Masyarakat juga diharapkan tidak mudah tergiur dengan iming iming hadiah dari para pelaku.Jika tidak mengikuti undian,tidak usah tergiur dengan iming iming hadiah. Jika ragu Masyarakat bisa mencari informasinya ke Kantor Dinas Sosial.(DEN)

Tora Sudiro kembali berkumpul bersama teman dan keluarga

Previous article

Hotel Dibatasi, Apartemen Bermunculan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja