Kab KulonprogoNews

Laporan Cacing Hati pada Hewan Kurban Mencapai Ratusan Kasus

0

STARJOGJA,KULONPROGO-Jumlah laporan cacing hati (Fasciola hepaticia) pada hewan kurban di Kulonprogo mencapai ratusan kasus. Pengawasan dilakukan hingga Senin (4/9/2017), dan total hingga Selasa (5/9/2017) pukul 09.18 WIB, terdapat 168 kasus cacing hati yang menyerang daging sapi kurban, 18 ekor kambing dan sembilan domba.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Hari Suryanto mengatakan selain kasus cacing hati, tidak ditemukan penyakit lain yang menyerang hewan kurban pada Iduladha 2017 saat mereka disembelih.

Kebanyakan hewan kurban disembelih setelah sembuh dari sakit tertentu. Ia menambahkan, pengawasan hewan kurban pada tahun ini dilakukan di 674 tempat pemotongan. Data berasal dari pengawasan langsung maupun laporan dari takmir masjid atau panitia kurban di wilayah setempat.

“Kasus tertinggi cacing hati pada sapi tercatat ada di Kecamatan Wates, sedangkan kasus cacing hati pada kambing tertinggi terjadi di Sentolo,” ungkapnya, Selasa.

Hari menambahkan, kasus cacing hati pada hewan kurban bisa dicegah lewat pemeriksaan dan pengobatan rutin. Hanya saja, kebanyakan pemilik hewan menilai, hewan yang bertubuh gemuk dan bebas adalah hewan yang bebas cacing, kendati mayoritas hewan penderita cacingan itu terlihat kurus, namun hewan yang bertubuh besar dan gemuk belum tentu bebas cacing.| Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja |

Sleman Punya Relawan Tangani Kawasan Kumuh

Previous article

Semua Smartphone Terbaru Nokia Bakal Pakai Android Oreo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *