Kota JogjaNews

Optimalkan Kampanye Anti Narkoba Melalui Instagram

0
ping- pong emoji

STARJOGJA,JOGJA – BNNP DIY memanfaatkan Potensi media sosial dalam merangkul masyarakat untuk melawan peredaran narkoba. BNNP DIY melalui akun instagram @bnnp_diy menganggap bahwa instagram menjadi salah satu media sosial yang cukup populer dibandingkan kedua platform tersebut.

Akun instagram BNNP DIY yang dibuat sejak tanggal 18 Agustus 2016 ini telah memiliki lebih dari 1000 pengikut yang terdiri dari akun individu, komunitas, instansi pemerintah lain, satuan tugas anti narkoba, maupun Lembaga Sosial Masyarakat (LSM).

Dengan lebih dari 500 unggahan berupa foto dan video, akun instagram ini hadir sebagai etalase BNNP DIY. Warganet dapat langsung mengakses informasi detail tentang BNNP DIY dari profil dan foto yang diunggah.

Berbagai unggahan ini juga menjadi bentuk kampanye anti narkoba yang dilakukan oleh BNNP DIY melalui akun instagram. Dalam hal ini, instansi tersebut menjalankan beberapa fungsi pemanfaatan media sosial, sesuai dengan penelitian yang dilakukan Charlene Lee and Josh Bernhoff yang membaginya ke dalam 5 fungsi media sosial.

Pertama, akun instagram dimanfaatkan sebagai perantara untuk ‘berbicara’, yaitu dengan menyebarluaskan pesan dan informasi tentang semangat anti narkoba. Peran ini ditandai dengan berbagai unggahan informasi dari BNN RI yang dipublikasikan kembali (repost) oleh akun BNNP DIY.

Tidak hanya informasi seputar narkoba, unggahan tentang kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh BNNP DIY juga menjadi salah satu cara untuk menginformasikan ke warganet tentang ajakan hidup sehat tanpa narkoba serta program kerja dari bidang pencegahan & pemberdayaan masyarakat, bidang rehabilitasi, maupun bidang pemberantasan.

Fungsi kedua adalah sebagai media untuk ‘menyimak’, yaitu pemanfaatan instagram untuk memahami dan menyerap aspirasi dari khalayak terutama tentang isu-isu narkoba. Tidak jarang, BNNP DIY mendapatkan informasi mengenai kegiatan anti narkoba yang dilakukan sukarelawan dari unggahan pengikut instagram. Beberapa kali juga terdapat pesan melalui direct message mengenai pertanyaan maupun keresahan masyarakat terkait isu narkoba.

Selanjutnya adalah fungsi ketiga, ‘merangkul’, yaitu melibatkan khalayak ke dalam kegiatan instansi. Misalnya sewaktu melaksanakan pameran edukatif tentang narkoba, BNNP DIY membuat photo booth di stan pameran agar pengunjung dapat melakukan swafoto (selfie) dan mengunggah di akun instagram mereka serta menandai (tag) foto tersebut ke akun BNNP DIY.

Fungsi keempat adalah ‘menyemangati’ dengan cara membangun semangat gerakan anti narkoba dengan keterlibatan sukarela dari warganet. Banyak komunitas dan satuan tugas anti narkoba berbagi kegiatan anti narkoba yang mereka lakukan ke akun instagram BNNP DIY.

Timbal baliknya, BNNP DIY akan memberi semangat kepada para sukarelawan dengan memberikan komentar positif dan mengunggah ulang kegiatan mereka di akun instagram BNNP DIY.

Terakhir adalah fungsi ‘mendukung’, yaitu menggerakan dukungan khalayak dalam kampanye anti narkoba yang dilaksanakan oleh BNNP DIY. Salah satu contoh adalah menggerakkan massa untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang digaungkan melalui instagram.
Penulis : Adhika Pertiwi, S.Sos.
Penyuluh BNNP DIY

Karang Taruna Siap Berikan Kontribusi Nyata

Previous article

Mike Shinoda Umumkan Linkin Park Gelar Acara Penghormartan untuk Chester

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja