Flash InfoLifestyle

9 Cara Gampang Mengatasi Insomnia

0
makanan yang menurunkan stres
(ist)

STARJOGJA – LIFESTYLE – Gadget menjadi salah satu penyebab seseorang sulit tidur (insomnia) pada malam hari. Pasalnya, banyak fitur pada gadget berteknologi canggih yang mengundang mata untuk tetap terbuka.

Tak heran, ketika di tempat tidur pun, mungkin Anda masih memainkan gadget. Boleh jadi sekadar mengobrol dengan teman lewat aplikasi mengobrol dan berkirim pesan yang sudah umum dimanfaatkan masyarakat saat ini.

Mungkin juga Anda masih sibuk menonton berbagai film atau tayangan hiburan lewat tanyangan streaming, dan boleh jadi sibuk dengan berbagai game yang ada di ponsel pintar. Tak terasa, kemajuan teknologi itu ‘merenggut’ waktu tidur.

Padahal, keesokan harinya Anda harus bekerja pada pagi hari. Mengantuk, dan sakit kepala menjadi salah satu gejala umum kurang tidur. Nah, untuk menghindari insomnia itu, Anda bisa mencoba 9 cara gampang berikut :

Sumber : www.boldsky.com

# 1. Kalkun atau ayam

Kalkun panggang/Istimewa

Daging ayam atau daging kalkun kaya akan triptofan, yang merupakan asam amino yang diperlukan untuk memproduksi serotonin dan melatonin di tubuh Anda. Hormon ini bermanfaat memudahkan Anda tidur pada malam hari.

# 2 Minum Teh

Teh chamomile, valerian, lavender, dan peppermint memiliki kemampuan untuk menginduksi tidur. Plus, tindakan sederhana menghirup secangkir teh sangat menenangkan, sehingga akan membantu menurunkan aktivitas otak Anda dan membantu Anda tertidur lebih cepat saat berada di tempat tidur

# 3 Kurangi cahaya

Paparan cahaya dari lampu bisa mengganggu tidur. Karena itulah orang yang tidur dengan lampu yang terlalu terang sering merasa lelah, bahkan setelah bangun tidur. Jadi jika Anda ingin tidur lebih nyenyak di malam hari, kurangi cahaya lampu atau matikan lampu di kamar Anda

# 4. Suhu dingin

Tidak masalah apakah Anda menggunakan kipas angin atau AC untuk menurunkan suhu di kamar tidur. Pada suhu kamar yang dingin, cobalah tidur menggunakan selimut dan pakaian. Tidur pada suhu dingin menggunakan selimut lebih baik daripada tidur di kamar bersuhu hangat tanpa mengenakan pakaian.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur di suhu dingin menurunkan berat badan saat tidur karena tubuh membakar lemak untuk menjaga suhu tubuh internal tetap terjaga

 

# 5 Cat Biru Kamar Tidur

Dari perspektif psikologis, warna biru sangat menenangkan dan memiliki efek menenangkan. Itulah mengapa dianjurkan oleh desainer interior bahwa Anda melukis nuansa kamar tidur Anda biru untuk membantu Anda tidur di malam hari

6. Makan Biji-bijian

Roti gandum padat seperti roti beras atau multigrain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin tubuh Anda (hormon tidur). Tapi, karena usus membutuhkan waktu lama untuk mencernanya, disarankan agar Anda memakannya pada siang hari untuk menuai keuntungan setelah makan malam

 

# 7 .Kurangi makan

Makan Banyak/ilustrasi

Makan malam yang ‘berat’ membuat sulit tertidur pada malam hari, karena tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Itulah mengapa disarankan agar Anda makan lebih sedikit pada malam hari, atau selesaikan makanan Anda pada jam 7 untuk memberi tubuh cukup waktu.

 

# 8 Jangan olahraga terlalu malam

Ilustrasi/fitnessfirst.co.id

Olahraga bermanfaat mengeluarkan serotonin. Hormon ini membuat tubuh merasa tenang. Tapi, efek dari kondisi ini adalah membut tubuh berenergi, dan otak tetap bekerja dengan cepat, sehingga Anda sulit tidur.

 

# 9. Jangan makan cokelat malam hari

Cokelat gelap sangat bagus untuk kesehatan. Tapi, memakannya terlalu larut malam bisa mencegah Anda tertidur, karena kakao pahit ini penuh dengan kafein. Jadi, jika Anda pemakan cokelat, cobalah membatasi kebiasaan ini, dan makanlah cokelat pada pagi hari.(BISNIS.COM)

 

Hingga Wafat , Ki ledjar Setia Jaga Kelestarian Wayang Kancil

Previous article

Jatuh Tempo Tinggal Sepekan, 37% Wajib Pajak Belum Bayar PBB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info