Kota JogjaNews

Hingga Wafat , Ki ledjar Setia Jaga Kelestarian Wayang Kancil

0

STARJOGJA -JOGJA. Dalang senior sekaligus pelestari wayang kancil Ki Ledjar Subroto, wafat dalam usia 79 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Panti Rapih, sekitar pukul 11.55 WIB, Sabtu (23/9/2017).

Ki Ledjar selama ini dikenal sebagai pekerja keras. Sampai menjelang akhir hayatnya ia masih terus berkarya menatah wayang. Saking kerja kerasnya, hampir setiap malam Ledjar hanya istirahat beberapa jam.

Biasanya ia istirahat pukul 05.00-11.00 WIB. Bahkan ada beberapa pesanan wayang yang belum selesai digarap. Terakhir ia baru menyelesaikan pesanan wayang tentara dari Semarang, Jawa Tengah.

Selain menerima banyak pesanan, Ledjar juga masih sering ikut pementasan. Pada Juli lali ia sempat menggelar acara kesenian bersama Didik Ninik Thowok di Kabupaten Kulonprogo. Di rumahnya di Jalan Mataram, Sosrokusuman, Suryatmajan, Danurejan, Ledjar juga banyak menerima tamu, mulai dari mahasiswa sampai pelajar dari luar negeri yang sedang meneliti wayang, hingga kunjungan para seniman.

Dilansir dari laman Kemendikbud.go.id, Ledjar mulai tenar ketika ia sering membawakan wayang kulit yang dengan tokoh hewan-hewan yang ia namakan wayang kancil sejak 1980an lalu, ketika cerita-cerita binatang sudah mulai berkurang digunakan sebagai alternatif penyampaian budi pekerti kepada anak-anak. Upayanya tersebut mendapat sambutan, banyak karyanya wayang dari hewan dipesan oleh orang Belanda.(Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Kekeringan di Bantul Tahun ini Lebih Ekstrim

Previous article

9 Cara Gampang Mengatasi Insomnia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja