Kab BantulNews

Lewat PHBD 2017, BEM FISIPOL UMY Lakukan Pembinaan Usaha Ikan Hias

0

STARJOGJA, BANTUL – Sebagai bagian dari upaya mengamalkan salah satu fungsi Tridharma, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pemberdayaan masyarakat pada Forum Keakraban Remaja Padukuhan Kadisoro melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD). PHBD tersebut merupakan program dari Kemenristekdikti yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa aktif organisasi untuk terjun membangun desa dan memberdayakan masyarakat.

Muhammad Gema Ramadhan, mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMY angkatan tahun 2015, salah satu anggota dari PHBD BEM FISIPOL UMY 2017 menyatakan Padukuhan Kadisoro yang terletak di wilayah Pandak, Bantul ini memiliki potensi Ikan Hias yang dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila dikembangkan dengan baik. Sayangnya tidak banyak yang menyadari potensi ini. Program dengan tema pengembangan budi daya ikan hias tersebut nantinya akan dilakukan kepada Forum Keakraban Remaja di Kadisoro oleh BEM FISIPOL.

“Kami di sini akan bertindak sebagai fasilitator yang menghubungkan Kelompok Ikan Hias Buana Mina untuk mengedukasi forum Keakaraban Remaja tentang potensi ikan hias. Tujuannya agar remaja sebagai sumber daya masyarakat setempat dapat memaksimalkan potensi ini dan memajukan industri ekonomi kreatif di Padukuhan Kadisoro sendiri,” jelasnya.

Selain edukasi berupa sosialisasi, BEM FISIPOL juga mengadakan studi banding ke kelompok pembudidayaan ikan hias lainnya Hal tersebut untuk menumbuhkan rasa ketertarikan dan keingintahuan dari Forum Remaja yang menjadi peserta program ini.

PHBD tersebut telah dilaksanakan oleh BEM FISIPOL UMY sejak bulan Juni 2017 lalu dan akan berlanjut hingga akhir Desember tahun ini. Tim dari BEM FISIPOL sendiri beranggotakan 8 mahasiswa.(DEN)

Cek ! Ini Jadwal SIM Keliling untuk Minggu Ini

Previous article

BPBD kulonprogo waspadai ancaman banjir dan longsor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul