Honda resmi keluarkan CRF150 bagi pecinta trail Indonesia

0

Starjogja.com, Jogja – Honda CRF 150L menjadi senjata baru bagi Astra Honda Motor untuk menggempur pasar roda dua nasional. Motor trail 150 cc itu dibanderol Rp 31,8 juta on the road Jakarta.

Dikatakan AHM, lawan dari Kawasaki KLX 150 ini menggunakan mesin dengan basis yang sama dengan Honda Verza. Namun karakter yang ditawarkan berbeda.

“Masih satu basis dengan Verza cuma kalau CRF kodenya K84. Sementara yang digunakan Verza berkode K18,” terang Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor, Sarwono Edhi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11), seperti dilansir dari Liputan6.com.

Meski masih satu basis, mesin yang digunakan CRF 150L diklaim lebih tangguh karena memiliki kemampuan di medan off road.

“Piston beda karena ada perlakuan hardner pada bagian dome (kepala piston). Dome-nya diberi lapisan, dikerasin supaya tahan karena mesin dipakai stop and go,”

“Kemudian crankshaft, balancing dan durasi cam, bore & stroke juga berbeda. Silinder head juga beda karena ada pegangan frame,” Edhi menambahkan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, gear set yang dipakai CRF 150L juga berbeda. Ukurannya dibuat lebih besar agar tarikan bawah lebih responsif.

Final ratio juga beda, CRF pakai gir 49 di belakang dan 15 di depan. Jadi lebih narik di bawah. Verza pakai (kombinasi) 14-42,” tutup Edi. Meski ada banyak perbedaan komponen pada mesin CRF 150L, namun ada beberapa part yang sama seperti Verza, seperti transmisi dan kopling.

Sebagai informasi, CRF 150L mengandalkan mesin 4-Tak SOHC satu silinder berkapasitas 149 cc. Output yang dihasilkan 12,7 Tk pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak 12,43 Nm pada 6.500 rpm.

(Am), Foto: astra-honda.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here