Flash InfoLifestyle

Ini dia Penyakit Yang Muncul karena Makan Terburu-buru

0
kalori harian

STARJOGJA,HEALTH – Kapan pun kita untuk makan, orangtua selalu memginatkan agar kita makan perlahan. Tapi, pernahkah Anda berpikir apa alasannya?

Nah, ada beberapa alasan dan manfaat kesehatan dari makan perlahan. Penelitian menemukan bahwa makan dengan cepat dapat meningkatkan risiko menjadi obesitas atau mengembangkan sindrom metabolik.

Studi selanjutnya menunjukkan bahwa Anda harus makan perlahan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan karena semakin cepat Anda makan, semakin besar kemungkinan Anda untuk makan berlebihan.

Selain itu, makan dengan cepat dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah secara tiba-tiba dan yang dapat menyebabkan resistensi insulin.

Studi ini dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Hiroshima di Jepang. Untuk penelitian tersebut peneliti telah mempertimbangkan 642 pria dan 441 wanita dengan usia rata-rata berusia 51,2 tahun. Tak satu pun dari mereka memiliki sindrom metabolik pada awal penelitian tahun 2008.

Untuk tujuan penelitian, peserta dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan kecepatan makan yang biasa mereka lakukan : lambat, normal atau cepat.

Selama lima tahun penelitian, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan cepat lebih mungkin (11,6 persen) mengalami sindrom metabolik daripada mereka yang makan dengan kecepatan normal. (6,5 persen) dan yang makan lambat (2,3 persen).

Sindrom metabolik mengacu pada sekelompok masalah kesehatan atau kondisi yang dapat menyebabkan diabetes, obesitas atau penyakit jantung. Tim menyimpulkan bahwa makan cepat dikaitkan dengan faktor-faktor seperti kenaikan berat badan tidak sehat, tekanan darah tinggi dan kadar glukosa darah yang tidak stabil.

Menurut penelitian, ketika Anda meluangkan waktu untuk mengunyah dan menelannya dengan benar, otak Anda memberi waktu untuk memproses perasaan kenyang yang mungkin memberi sinyal Anda untuk berhenti makan lebih awal dan mencegah makan berlebihan.

 

Sumber : www.boldsky.com

 

PDAM Sleman Tanam 1000 pohon di Lereng Merapi

Previous article

Kesurupan Tak Berhenti, Motivator Akan Dikirim ke SMP 15

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info