Kab GunungkidulNews

Harga kebutuhan pokok di Gunungkidul terdampak cuaca buruk dan bencana

0

Starjogja.com, Gunungkidul – Barang kebutuhan pokok di Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul mengalami kenaikan. Kondisi ini terjadi karena dampak cuaca buruk yang terjadi di akhir November lalu sehingga pasokan barang di pasaran menjadi terganggu.

Beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti beras, ayam potong, minyak, telur hingga cabai merah keriting. Salah seorang pedagang beras di Pasar Argosari, Tukino mengatakan kenaikan beras terjadi sejak satu minggu lalu dan kondisinya hampir terjadi di semua jenis, mulai dari kualitas medium, premium hingga super.

Dikutip dari Harianjogja.com, menurut dia, jika dibuat rata-rata kenaikan harga beras di kisaran harga Rp500-1.000 per kilogram. Tukino mencontohkan, untuk kualitas medium awalnya hanya dijual Rp8.000, namun sejak beberapa hari lalu dipasarkan di harga Rp8.500 per kg.

Tukino mengaku tidak tahu persis yang menyebabkan harga beras naik akhir-akhir ini. Namun dari kabar yang beredar di pasaran, kenaikan tidak lepas dari cuaca buruk yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga mengganggu pasokan di pasaran.

Hal senada diungkapkan oleh Narsih, pedagang lainnya di Pasar Argosari. Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada komoditas beras, namun juga pada beberapa kebutuhan pokok lainnya seperti telur, minyak dan cabai merah keriting. Menurut dia, kenaikan tertinggi dialami cabai merah keriting dari awalnya hanya Rp20.000 per kilo menjadi Rp35.000 per kilo.

(Am)

Pasca banjir, Pemkab Gunungkidul antisipasi datangnya beberapa penyakit

Previous article

Korban banjir di Imogiri keluhkan gatal-gatal dan flu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *