Kota JogjaNews

Obituari Prof. Sukamdani Sahid Gitosardjono

0

STARJOGJA,JOGJA – Prof. Dr. Sukamdani Sahid Gitosardjono meninggal dunia hari ini, Kamis (21/12/2017) pukul 09.15 WIB di usia 89 tahun. Sukamdani merupakan pemilik jaringan Hotel Sahid, Sahid Jaya International, dan Bisnis Indonesia Grup.Sukamdani dimakamkan selepas Asar di Pondok Pesantren Moden Sahid di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Semasa hidupnya,

Sukamdani dikenal sebagai pebisnis sukses yang melakukan banyak terobosan. Berasal dari keluarga yang sederhana, Sukamdani membuktikan kerja keras dan ketekunan bisa membuatnya menjadi salah satu konglomerat terpandang di Indonesia.

Sukamdani merupakan putra asli Solo, Jawa Tengah. Ia lahir pada 14 Maret 1928 dari pasangan R. Sahid Djogosentono dan Sadinah. Berdasarkan laman biografiku.com, ayah Sukamdani adalah seorang penjahit, sedang ibunya memiliki warung sembako. Bakat bisnis Sukamdani sudah muncul sejak kecil

Saat membantu ibunya berjualan, Sukamdani akan diberi upah, uang itu ditabung untuk dibelikan ayam yang akan dia rawat. Saat ayam sudah banyak, Sukamdani menjual ayam untuk dibelikan kambing, setelah itu kambing yang sudah beranak pinak dijual untuk membeli kerbau.

Dilansir Kabar24 Bisnis, Kamis, Sukamdani pernah berdinas di Kantor Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Setelah itu Sukamdani merantu ke Jakarta dan sempat bekerja di Kementerian Dalam Negeri.

Perjalanan bisnis Sukamdani berawal di tahun 1952 saat ia mendidikan percetakan dengan dua mesin handpress yang dibeli di Solo. Di sela-sela membangun usaha, Sukamdani juga berkulian di Akademi Perniagaan Indonesia (API) hingga lulus pada 1955. Berawal dari usaha percetakan, Sukamdani melakukan perluasan bisnis ke bisnis perhotelan yang kini dikenal dengan jaringan Hotel Sahid.

Tak hanya percetakan dan perhotelan, Sukamdani juga memiliki bisnis di bidang media. Berawal dari Harian Bisnis Indonesia yang pertama kali terbit 14 Desember 1985,kini sudah berkembang menjadi BIG Media, di dalamnya ada Harian Umum Solopos, Harian Jogja, Solopos FM, Star FM Jogja, Harianjogja.com, Harianjogja.com, dan Madiunpos.com.

Di bidang pendidikan, selain Pondok Modern Sahid di Bogor, Sukamdani juga membuka beberapa institusi pendidikan seperti Akademi Grafika, Sekolah Tinggi Grafika, Universitas Veteran Bangun Nusantara di Sukoharjo, dan Universitas Sahid. Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com |

Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim Bina 67 Sekolah

Previous article

City siap memberikan gaji lebih tinggi dari Arsenal untuk Alexis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja