Kota JogjaNews

Sambut Tahun Baru 2018, DPRD DIY Gelar Wayang Kulit dengan Lakon Banjaran Bima

0

STARJOGJA,JOGJA –  refleksi jelang pergantian tahun, DPRD Yogyakarta menggelar pentas wayang kulit dengan lakon Banjaran Bima.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menjelaskan, pentas wayang kulit akan digelar di DPRD DIY itu akan digelar Rabu (27/12) mulai pukul 20.00 WIB. Ki Seno Nugroho bakal menjadi dalam dalam pentas tersebut.

“Mari duduk bersama untuk menonton dan menyimak pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini. Ini pagelaran wayang di akhir 2017, semoga bisa jadi refleksi kita semua,” kata Eko di Yogyakarta, Selasa (26/12).

Banjaran Bima’ adalah lakon garapan baru yang diperkenalkan oleh para seniman seni pedalangan untuk memperkenalkan secara utuh laku hidup, karakter, sifat-sifat dan keteladanan tokoh Aria Bima. Sebagai lakon banjaran maka ‘Banjaran Bima’ mengisahkan kehidupan Aria Bima semenjak muda, dewasa, tua, hingga perjalanannya menapaki masa tua yang pasti dan tenang usai peperangan besar Baratayuda.
Bima adalah anomali di antara para ksatria Pandawa yang mayoritas digambarkan berkarakter lembut dan bertutur kata halus sebagai perwujudan kesopanan tinggi. Namun Bima justru digambarkan selalu menyampaikan isi hati apa adanya, tanpa ada yang dibungkus dan dikemas. Bahkan dia bicara dengan bahasa kasar _(ngoko)_ kepada siapapun, termasuk dengan para dewa. Ada kesan awal tentang ketidaksopanan, namun ada juga penilaian tentang keberanian dan sikap egalitarian kerakyatan.
Namun justru hanya Bima yang _’kodo’_ dan terkesan _’agal’_ inilah yang dipilih dalam cerita simbolis filosofis Jawa, sebagai satu-satunya tokoh yang bisa bertemu dengan jati dirinya. Bima bisa selalu berteman dengan hati nuraninya, karena dia tak pernah berpikir, bertindak dan mengambil keputusan dengan mendahulukan kepentingan-kepentingan yang dibungkus dan dikemas sedemikian rupa seolah-olah merupakan niatan baik. Bima sejak awal telah menjadi pribadi yang bebas dan merdeka dari hal-hal seperti itu.
Karena keteguhan sikapnya itu pula maka Bima adalah tokoh yang paling tegas membedakan tentang salah dan benar. Tanpa ada keraguan dia menuding dan membenci ketidakadilan dan keangkaramurkaan. Karena itu dalam cerita epos wiracarita Mahabharata, *Bima dipilih untuk membungkam segala kejahatan dan memberantas ketidakadilan. Dialah yang menghabisi kesewenang-wenangan Duryudana, yang menamatkan segala keculasan Sengkuni*.
Tak heran, proklamator kita, Bung Karno, sangat mengidolakan tokoh ini. Beliau sering menggunakan nama samaran sebagai ‘Bima’ di masa-masa awal terjun di dunia pergerakan melawan penjajahan. Ketegasan, kejujuran, tanpa basa-basi, dan kesanggupan Bima melawan ketidakbenaran rupanya telah membuat Bung Besar kita jatuh hati pada tokoh ini sehingga beliau merasa menemukan personifikasi dirinya pada tokoh perkasa yang tek kenal kata menyerah tersebut.(DEN)

Isyana dan Once Siap Meriahkan ‘JOURNEY TO THE LIGHTS’ di ROyal Ambarukmo

Previous article

Besok,Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja