JogjaKUWisata

Desa Wisata Sangurejo Tawarkan Belajar Jemparingan di Tepi Telaga

0

STARJOGJA, JOGJA – Dusun Sangurejo Desa Wonokerto Kecamatan Turi Slema menyajikan Kampung Wisata Kawi Gesang. Pengunjung dapat menikmati aneka budaya lokal berikut wisata alam yang menantang.

Ketua Kampung Wisata Kawi Gesang, Andi Jayaprana, memaparkan Penamaan Kawi Gesang mengacu pada posisi wilayah ini. Kawi Gesang singkatan dari Kampung Wisata Gerbang Sangurejo.

“Diilhami dari nilai filosofis Kawiwitan Gesang atau awal kehidupan. Kami mengajak masyarakat di sini untuk mengenali potensi yang ada. Kami yang awalnya bernama Kampung Wisata, mengikuti branding keseragaman Forum Desa Wisata Kabupaten Sleman menjadi Desa Wisata. Lengkapnya Desa Wisata Kawigesang Sangurejo,” ungkap Andi saat berbincang bersama Radio Star Jogja, Kamis (28/12).

Pengelola desa wisata ini menghadirkan Silat Tradisi Mataram, Jemparingan atau olahraga panahan tradisional Mataram, kesenian Badui, serta pagelaran kesenian lain sebagai daya tarik bagi pengunjung.

Lokasi Jemparingan yang berada di selatan kantor Sekretariat Desa Wisata ini ada di tepi Telaga Desa atau Embung Kali Aji. Ini menambah sensasi alami. Rerimbunan pohon, air telaga yang tampak jernih, embusan angin semilir, membawa masuk ke dalam suasana desa yang nyaman dan tenteram.

Selain kesenian dan budaya, wisata alam seperti embung, Treking Kali Aji, dan outbound ala ‘Pendekar’ serta potensi lokal dalam bidang pertanian dan perkebunan dengan wisata petik salak dan wisata tanam padi melengkapi fasilitas di desa wisata yang dikelola warga Sangurejo tersebut. Tersedia juga menu andalan tumpeng dan ingkung ayam yang menjadi icon kuliner wisata tempat ini.

Sleman Luncurkan Peta KRB Merapi

Previous article

Kenaikan Aset 500 Orang Terkaya Dunia Catat Rekor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU