Serunya Wisata Air di Blue Lagoon

0
17

SLEMAN– Kabupaten Sleman memiliki banyak lokasi wisata air yang bisa jadi referensi untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu wisata air dapat dtemukan di Desa Wisata Blue Lagoon Tirta Budi di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman.Jarak dengan pusat Kota Jogja tak lebih dari 20 kilometer. Jika ditempuh dengan kendaraan roda dua membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit.

Lokasi Blue Lagoon berada di wilayah Sleman bagian timur. Kendati berada di sebuah perkampungan, tetapi aksesnya cukup mudah. Anda dapat melewati Jalan Kaliurang Km 13,2 lalu belok ke kanan sejauh 6 km, atau melalui Stadion Maguwoharjo ke utara sekitar 7 km.

Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang berasal dari kota, yang merindukan suasana keasrian desa. Salah satu keunggulan Desa Wisata Blue Lagoon adalah pemandiannya yang bernama Tirta Budi. Pemandian ini sebenarnya hanya sebuah dam atau tanggul yang oleh warga kemudian dipercantik seiring banyaknya wisatawan yang berdatangan.

Pengelola Blue Lagoon, Haryanto mengatakan, dulu suasana dam Tirta Budi sangat singup karena banyak pohon menjulang. Air dengan kedalaman 3 meter di Tirta Budi itu juga hanya dimanfaatkan untuk pengairan sawah. Namun setelah ada mahasiswa KKN pada 2014 lalu, tempat itu seakan menjadi magnet bagi pecinta alam yang ingin mengeksplor keindahan air.

Salah satu daya tarik dari pemandian itu adalah air yang memancarkan warna hijau kebiruan saat terpapar cahaya matahari. Bebatuan yang berada di dasar sungai, batu padas di tepian, serta beberapa pancuran mata air yang masuk menyatu dengan air sungai, seakan memanjakan mata pengunjung. Kesegaran air juga dipadu dengan rindangnya pohon bambu yang memayungi pengunjung yang berendam.Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja |

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here