JogjaKUWisata

Desa Wisata Jatimulyo Destinasi Indah di Bukit Menoreh

0

STARJOGJA,KULONPROGO – Kulon Progo dan Bukit Menorehnya punya destinasi wisata apik yang memanjakan pengunjung dengan suasana alam dan potensi sosial budayanya.Salah satunya adalah Desa Wisata Jatimulyo.

Desa Wisata Jatimulyo terletak di keinggian 500 – 800 mdpl di Kawasan Pegunungan Menoreh tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Kawasan ini mempunyai potensi alam yang bagus khususnya bentang alam karst Menoreh dengan tebing – tebing indah di Gunung Kelir. Di desa ini terdapat potensi sosial budaya yang masih kuat. Setiap bulan Sapar diadakan Merti Dusun Jatimulyo suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal.

Potensi wisata yang di miliki antara lain Goa Kiskendo terdapat arena camping ground/berkemah yang luas, dengan pemandangan indah bukit pinus. WIsatawan juga dapat melihat laut selatan dari atas Gunung Lanang yang terletak bersebelahan dengan goa ini. Disamping itu terdapat bersebelahan dengan goa ini. Disamping itu terdapat beberapa wisata air terjun yaitu Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut dan Taman Sungai Mudal.

Desa Wisa Jatimulyo menyediakan paket Susur Goa, Sumitro cave tubing, paket jelajah alam (tracking, birdwatching, geotours), Paket Camping & Safari Malam,serta Paket Agrowisata salak.

Setiap dua bulan sekali pada minggu ketiga, di halaman goa Kiskendo diadakan pentas Sendratari Sugriwo Subali, yang dimainkan oelh masyarakat setempat.(den)

SUMBER : http://dinpar.kulonprogokab.go.id

Anggaran Gunungkidul Dipangkas Rp14 Miliar

Previous article

Masyarakat Diminta Proaktif Laporkan Konten Negatif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU